Siswa di Ponorogo Jalani Vaksinasi dengan Dihibur Badut

Charolin Pebrianti - detikJatim
Sabtu, 22 Jan 2022 23:29 WIB
Untuk menenangkan ratusan siswa yang divaksin, Polsek Somoroto membawa dua badut mickey dan minnie mouse. Petugas berusaha menciptakan suasana vaksin yang menyenangkan supaya anak-anak nyaman.
Vaksinasi COVID-19 anak di Ponorogo/Foto: Istimewa (dok. Polsek sumoroto)
Ponorogo -

Untuk menenangkan ratusan siswa yang divaksin, Polsek Somoroto membawa dua badut mickey dan minnie mouse. Petugas berusaha menciptakan suasana vaksin yang menyenangkan supaya anak-anak nyaman.

"Hari ini sasaran vaksin siswa SDN 1 Plosojenar dan TK Dharma Wanita Plosojenar Kecamatan Kauman. Ada 106 dosis pertama yang diberikan," tutur Kapolsek Somoroto Kompol Beni Hartono melalui siaran pers, Sabtu (22/1/2022).

Beni sempat menerangkan, vaksinasi anak aman dan tetap dalam pantauan petugas kesehatan. Sebab, vaksinasi sudah dijamin keamanannya oleh negara dan dilakukan oleh petugas kesehatan.

"Vaksinasi mendapat persetujuan dari Menkes dan dilakukan oleh nakes," papar Beni.

Beni menambahkan, para siswa awalnya tampak tegang dan takut saat menunggu giliran divaksin. Meski sudah didampingi oleh orang tua, anak-anak tidak bisa menyembunyikan ketakutannya.

"Akhirnya anggota inisiatif jadi badut demi menghibur anak-anak," terang Beni.

Salah satu siswa, Anita awalnya menangis saat hendak divaksin. Tapi setelah dibujuk dan ditemani ibunya akhirnya berani vaksin. Ditambah melihat ada badut, Anita pun berani vaksin.

"Sempat takut tadi, takut disuntik. Tapi sekarang berani dan tidak sakit," ujar Anita.

Salah satu orang tua siswa, Sri Hartati menambahkan, pihaknya menunggu kegiatan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun. Sebab, ingin melindungi anaknya dari pandemi COVID-19.

Dia mengaku sudah menanti kegiatan vaksinasi ini sejak lama. Sebelum vaksinasi, orang tua diminta mengisi google form dari sekolah terkait data riwayat anaknya.

"Dari sekolah juga mewajibkan orang tua siswa untuk menemani vaksinasi di sekolah. Kami juga tidak keberatan. Ini demi melindungi anak dari COVID-19," kata Sri.



Simak Video "Ratusan Orang Tua di Kroasia Demo Tolak Vaksinasi Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/fat)