Panic Buying Minyak Goreng Masih Terjadi di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 00:59 WIB
Stok minyak goreng subsidi di sejumlah toko modern di Trenggalek mengalami kelangkaan. Jatah harian di toko biasanya langsung ludes diserbu masyarakat.
Toko modern di Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Trenggalek -

Stok minyak goreng subsidi di sejumlah toko modern di Trenggalek mengalami kelangkaan. Jatah harian di toko biasanya langsung ludes diserbu masyarakat.

Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskomindag) Trenggalek, Yusuf Widianto mengatakan, dari hasil pemantauan yang dilakukan di beberapa toko modern, stok minyak goreng yang dijual Rp 14 ribu/liter rata-rata telah kosong pada siang hari.

"Panic buying masih terjadi, biasanya itu pagi hari, saat toko mulai buka langsung diserbu oleh masyarakat. Tapi kondisinya tidak seheboh tanggal 19 Januari yang lalu," kata Yusuf, Sabtu (22/1/2022).

Menurutnya, dalam penjualan minyak goreng bersubdisi tersebut, setiap toko modern menghabiskan 8 karton/hari. Mereka juga memiliki strategi tersendiri untuk melakukan pembatasan, sehingga distribusi barang bisa lebih merata.

"Ada yang stareginya minyak goreng itu dipajang lagi di etalase pada saat sudah sepi. Ada juga yang melakukan penjualan sistem paket atau bundling dengan barang lain," jelasnya.

Sementara di sejumlah pasar tradisional di Trenggalek, harga minyak goreng masih stagnan dijual Rp 18.500/liter. Kondisi dipengaruhi karena stok yang dimiliki merupakan kulakan lama.

"Di pasar masih segitu, karena kulakan lama," imbuh Yusuf.

Lebih lanjut Yusuf menambahkan, hingga saat ini di wilayah Trenggalek belum ada stabilisasi harga minyak goreng dengan pasar minyak goreng. Namun terkait hal itu, pihaknya telah mengirimkan surat ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk meminta adanya operasi pasar.

"Kami sudah mengusulkan ke provinsi, tinggal menunggu hasilnya. Dalam surat itu kami juga minta ada operasi pasar kedelai. Ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga yang signifikan," imbuhnya.



Simak Video "Harga Melonjak, Stok Minyak Goreng di Pasar Wates Masih Langka"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/fat)