UMKM Industri Kulit di Sidoarjo Dukung Gus Muhaimin Jadi Capres 2024

Suparno - detikJatim
Sabtu, 22 Jan 2022 23:16 WIB
UMKM industri kulit di Sidoarjo mendukung Gus Muhaimin untuk menjadi capres 2024. Deklarasi digelar di Tanggulangin.
UMKM industri kulit di Sidoarjo mendukung Gus Muhaimin untuk menjadi capres 2024/Foto: Suparno
Sidoarjo -

UMKM industri kulit di Sidoarjo mendukung Gus Muhaimin untuk menjadi capres 2024. Deklarasi digelar di Tanggulangin.

Mereka tergabung dalam koperasi Industri Tas dan Koper (Intako) se-Sidoarjo. Sementara Gus Muhaimin atau Abdul Muhaimin Iskandar merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dukungan tersebut diberikan karena para perajin dan pelaku UMKM menilai Gus Muhaimin sebagai sosok yang mampu memperjuangkan nasib mereka, di tengah kondisi sulit akibat pandemi COVID-19. Sebagai simbol dukungan, perajin menyematkan jaket kulit berwarna hijau kepada Gus Muhaimin. Jaket berlogo PKB itu adalah produk asli perajin Tanggulangin.

"Selamat datang Gus Muhaimin, calon presiden 2024. Kami mendukung sepenuhnya Gus Muhaimin bisa menjadi Presiden Indonesia," kata H Sumiran, Bendahara Umum Intako mewakili ratusan perajin yang hadir, Sabtu (22/1/2022).

Di depan Gus Muhaimin, Sumiran menyatakan, para perajin kulit di Tanggulangin mengalami masa-masa sulit berkepanjangan. Setelah sebelumnya dihantam semburan lumpur Lapindo, kini dihantam pandemi COVID-19. Saat ini, para perajin berusaha untuk kembali bangkit.

"Campur tangan Gus Muhaimin sangat kami harapkan. Misalnya bantuan-bantuan CSR dari BUMN-BUMN, kami mohon betul Gus Muhaimin bisa hadir di tengah kami," tutur Sumiran.

Senada dengan Sumiran, perajin kulit lainnya, Sutrisno mengaku bangga dan senang atas kehadiran Gus Muhaimin ke sentra kerajinan tas dan klulit di Sidoarjo. Ia menaruh harapan besar kepada Gus Muhaimin dapat kembali mengangkat kejayaan Intako.

"Kami mendukung Gus Muhaimin menjadi presiden 2024. Mohon angkat kembali kejayaan Intako Gus," katanya.

Mendapat dukungan dari para pelaku UMKM, Gus Muhaimin menyambut baik dan merasa terhormat. Menurutnya, dukungan itu sangat penting karena sesuai dengan visi dan misinya yakni menjadikan UMKM sebagai kekuatan ekonomi, yang menjadi penopang utama di tengah serangan pandemi COVID-19.

"Saya merasa terhormat dan memiliki mandat yang sungguh-sungguh. Apalagi ini mengingatkan bahwa visi dan misi kita ke depan mau tidak mau UMKM harus menjadi kekuatan ekonomi nasional," kata Gus Muhaimin.

Menurut Gus Muhaimin, dukungan tersebut bukan hanya terkait dengan suksesi dia menjadi presiden 2024, namun dia ingin membuktikan bahwa UMKM di Indonesia mampu berjaya dan menjadi garda depan penyelamat ekonomi bangsa.

"Dukungan sampean sedoyo (Anda semua) tadi itu bukan soal menjadi presidennya, tetapi bahwa kita harus mampu membuktikan bahwa UMKM kita berjaya di Tanah Air. Insyaallah kita akan bangkit lagi setelah pandemi. Tidak boleh sedih, tidak boleh patah arang, kita harus optimis dan bahu-membahu," pungkas Gus Muhaimin.



Simak Video "Jokowi: 17,5 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital, Jumlah Ini Belum Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)