Warung di Ponorogo Ludes Terbakar Karena Bensin Tumpah dan Disambar Api

Charolin Pebrianti - detikJatim
Sabtu, 22 Jan 2022 18:05 WIB
kebakaran warung warga akibat tumpahan BBM
Kebakaran warung akibat ketumpahan BBM/Foto: Dok. Polsek Ngrayun
Ponorogo -

Sebuah warung di Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo ludes terbakar. Penyebabnya, jerigen berisi BBM jenis Pertamax tumpah dan terkena percikan api dari tungku dapur.

"Kejadiannya sekitar pukul 09.00 WIB, pemilik warung sedang merebus kedelai. Tanpa disadari, jerigen isi BBM tumpah hingga mengalir ke lokasi tungku," tutur Kapolsek Ngrayun AKP Jaka Santoso di Ponorogo, Sabtu (22/1/2022).

Santoso menambahkan saat itu korban memindahkan BBM jenis pertamax menggunakan selang. Pemindahan ini dari jerigen besar berisi 38 liter ke jerigen kecil berisi 6 liter untuk dijual.

"Pada saat bersamaan korban juga sedang merebus kedelai sebagai bahan pembuatan tempe, sembari mencuci gelas dan piring," terang Jaka.

Tanpa disadari korban, jerigen kecil yang diisi pertamax penuh akhirnya tumpah. Kemudian, tumpahan pertamax mengalir di lantai menuju tungku api yang sedang digunakan merebus kedelai.

"Berawal dari itu, api dari tungku menyambar tumpahan BBM jenis pertamax dan menjalar ke jurigen besar kemudian api semakin membesar membakar warung yang terbuat dari kayu dan beratap asbes," imbuh Jaka.

Mengetahui adanya api, korban langsung berteriak meminta tolong. Warga berusaha membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Selanjutnya sekira pukul 11.45 WIB, api berhasil dipadamkan warga sekitar.

"Hasil olah TKP, penyebab kebakaran karena tumpahan BBM jenis pertamax yang mengalir menuju tungku api," imbuh Jaka.

Beruntung saat kejadian tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materi ditaksir mencapai Rp 30 juta.



Simak Video "Ini Harga BBM RON 92 di Beberapa Negara ASEAN, RI Paling Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)