Petani Bojonegoro Tenggelam Saat Perbaiki Tanggul, Penyelamatannya Dramatis

Ainur Rofiq - detikJatim
Sabtu, 22 Jan 2022 17:21 WIB
Petani terseret arus saat memperbaiki tanggul
Petani terseret ombak saat memperbaiki tanggul/Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro -

Seorang petani bernama Khoiri (54) terpeleset dan terbawa arus Sungai Apur di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Bojonegoro. Awalnya, Khoiri berniat ikut memperbaiki tanggul yang tergerus luapan air bersama warga lainnya.

Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB. Khoiri sempat terseret arus hingga beberapa meter. Beruntung, dia tersangkut tali tampar yang digunakan para petani memperbaiki tanggul.

Penyelamatan Khoiri ini sempat berlangsung dramatis. Apa lagi, Khoiri dikabarkan sempat tenggelam sekitar lima menit.

"Iya tadi salah satu teman kita ada yang tenggelam dan berhasil kita tolong. Dan kita bawa ke Puskesmas. Ini lagi bareng-bareng dandan (memperbaiki) tanggul yang jebol" ujar salah satu warga, Ahmad kepada detikJatim, Sabtu (22/1/2022).

Kerja sama dalam menolong Khoiri ini dilakukan petani dari Desa Karangdayu dan Kedungprimpen, Bojonegoro. Melihat ada tetangganya yang tenggelam, para petani langsung berhamburan dan berusaha menolong.

Khoiri ditemukan dalam keadaan pingsan dan digotong rekan-rekannya ke pinggir sungai. Untuk pertolongan pertama, warga berusaha mengeluarkan air yang masuk di dalam tubuhnya.

Tak lama, Khoiri langsung dilarikan ke Puskesmas Kanor. Namun, karena perlu penanganan serius, ia dirujuk ke rumah sakit Sosodoro Djatikusumo, Bojonegoro.

Sementara itu, pihak Polsek Kanor dan Koramil langsung mendatangi lokasi kejadian untuk menggali informasi.

"Alhamdulillah korban selamat dan telah dirawat di RSUD. Iya tenggelam saat benahi tanggul Kali Apur," ujar Kapolsek Kanor AKP Nugroho Basuki.

Diketahui, saat ini kondisi tinggi muka air Bengawan Solo di Bojonegoro masuk siaga kuning. Jebolnya tanggul sepanjang 100 meter itu karena tergerus luapan air sungai yang tak bisa masuk Bengawan Solo. Jebolnya tanggul ini juga mengancam ratusan hektar sawah warga yang akan panen.



Simak Video "2 Hari Hilang, Petani Polman yang Terbawa Arus Sungai Ditemukan Tewas!"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)