Raih 25 Dukungan DPC Musda Demokrat Jatim, Siapa Bayu Airlangga?

Tim Detikcom - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 12:54 WIB
Bayu Airlangga
Bayu Airlangga (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Bayu Airlangga, Calon Ketua DPD Demokrat Jatim ini meraih 25 dukungan dari DPC partai berlambang Mercy di Jatim. Jumlah yang tergolong sangat besar untuk pemuda berusia 30 tahun. Lalu siapakah sosok Bayu Airlangga?

Bayu merupakan Anggota DPRD Provinsi Jatim saat ini. Ia menempati jabatan sebagai Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim. Di Demokrat, Bayu menjabat sebagai Plt Sekretaris Jatim saat ini.

Tentu, di kalangan politisi muda, nama Bayu cukup moncer. Bagaimana tidak, Bayu merupakan menantu politisi gaek Soekarwo (Pakdhe Karwo) yang merupakan Gubernur Jatim selama 10 tahun (2009-2019). Secara langsung, Bayu akan mendapat banyak ilmu politik dari sang mentor Pakdhe Karwo.

Nama Bayu semakin melejit saat dirinya digadang-gadang menjadi Ketua Demokrat Jatim. Bayu sempat menyebut dirinya meraih dukungan 32 DPC. Meski saat Musda, dukungan itu turun menjadi 25 DPC.

Namun, untuk seorang pria yang akan genap berusia 31 tahun pada 9 Agustus 2022 mendatang, dukungan 25 DPC tentu sangat banyak. Bahkan, lawan yang dihadapi sekelas Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak yang diketahui mendapat dukungan 13 DPC dan 1 DPD.

Bayu kini tinggal menghadapi satu fase akhir yakni fit and proper test untuk menyelesaikan misinya menjadi Ketua Demokrat Jatim. Rencananya, fit and proper test akan dilangsungkan pada pekan depan secara virtual .

"Saya siap untuk menjalani fit and proper test, insyaallah tanggal 31 Januari. Alhamdulillah Musda Jatim telah usai dan berjalan kondusif, saat ini sudah tidak ada kubu-kubuan, hanya ada satu, Demokrat Jatim," tegas Bayu.

Bayu mengawali karirnya di Demokrat sebagai Ketua Muda Mudi Demokrat Jatim. Dalam Pileg 2019 kemarin, Bayu maju sebagai Calon Legislatif melalui Partai Demokrat di Dapil 11 (Nganjuk, Kota dan Kabupaten Madiun). Bayu berhasil melenggang ke Gedung Indrapura dengan raihan 37.501 suara.

Setelah di dewan, nama Bayu sempat masuk radar Calon Wali Kota Surabaya menurut sejumlah survei lokal. Namun, Bayu enggan menanggapi peluang tersebut dan memilih fokus membesarkan Demokrat Jatim.

Pada tahun 2020, saat Plt Ketua Demokrat Jatim Renville Antonio ditunjuk sebagai Bendahara Umum DPP, kursi kepemimpinan Demokat di Bumi Majapahit tengah kosong.

DPP akhirnya memutuskan jabatan Ketua Demokrat Jatim diisi Plt yang dijabat oleh Emil Elestianto Dardak pada September 2020 silam. Bayu sendiri ditunjuk sebagai Plt Sekretaris Demokrat Jatim saat itu.



Simak Video "Saksi Mata Cerita soal Perosotan Kenpark Surabaya Ambrol"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)