Banjir di Permukiman Kediri Surut, Tapi Ratusan Hektare Sawah Masih Terendam

Andhika Dwi - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 11:50 WIB
Sawah direndam banjir di Kediri
Sawah warga di Kediri direndam banjir (Andhika Dwi/detikcom)
Kediri -

Banjir yang merendam rumah di Kabupaten Kediri mulai surut. Warga pun membersihkan rumahnya dari kotoran dan lumpur bekas banjir. Namun, ratusan hektare sawah di Kediri masih terendam.

Data yang diterima detikJatim, banjir masih merendam 150 hektar area persawahan. Petani berharap tidak terjadi banjir susulan, karena tanaman padi akan mati jika terendam banjir lebih dari empat hari.

Selain sawah, jalanan di Desa Gambyok, Kediri juga masih terendam banjir. Ketinggian air mencapai 50 hingga 70 centimeter. Banjir ini mengganggu aktivitas perekonomian warga.

Petani padi warga Desa Gambyok, Nanang Eko, mengatakan, banjir juga menggenangi area persawahan padi miliknya. Sedikitnya 10 hektar tanaman padi berusia 30 hari terendam banjir.

"Semoga tidak ada banjir susulan, karena jika terendam sampai lebih dari empat hari, tanaman seluas 10 hektar ini bisa mati," kata Nanang.

Sementara itu, Kades Gambyok, Gunawan mengatakan, genangan hanya tersisa di jalan. Sedangkan warga yang mengungsi telah kembali ke rumah masing -masing. Namun, Gunawan mengakui area persawahan masih tergenang, sedikitnya 150 hektar sawah di wilayah Desa Gambyok, Datengan Dan Sumberejo. Khusus Desa Gambyok, wilayah yang terendam sekitar 50 hektar.

"Tadi Pak Kasun sudah keliling untuk memeriksa lokasi, saat ini genangan air didalam rumah warga sudah mulai surut, namun untuk jalan dan persawahan masih tergenang, untuk Desa Gambyok sendiri, sedikitnya 50 hektar tanaman padi yang terendam," jelas Gunawan.

Pantauan detikJatim, usai banjir surut, warga mulai melakukan pembersihan rumah agar bisa ditempati kembali. Namun, meski telah surut, warga khawatir jika terjadi banjir susulan. Karena cuaca di wilayah Kediri masih mendung. Gunawan pun mengimbau warga agar segera mengungsi jika terjadi luapan air sungai sewaktu-waktu.

Sebelumnya, hujan deras lebih dari 4 jam membuat sejumlah rumah warga di Kabupaten Kediri, terendam banjir. Ketinggian air mencapai 1 meter dan masuk ke dalam rumah membuat sejumlah warga mengungsi di kantor desa.



Simak Video "Permukiman di Jambi Terendam Banjir, Sejumlah Warga Dievakuasi"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)