Desa di Kediri Terendam Banjir Setinggi 1 Meter, Warga Mengungsi

Andhika Dwi - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 06:02 WIB
banjir di kediri
Banjir di Kediri/Istimewa (Dok: Polres Kediri)
Kediri -

Hujan deras lebih dari 4 jam membuat sejumlah rumah warga di Kabupaten Kediri, terendam banjir. Ketinggian air mencapai 1 meter dan masuk ke dalam rumah membuat sejumlah warga mengungsi di kantor desa.

Polres Kediri Kota bersama anggota BPBD, TNI langsung mengevakuasi warga yang terdampak banjir di Desa Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Satu persatu warga yang rumahnya terendam banjir diungsikan ke kantor desa setempat.

Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi membenarkan banjir yang terjadi pada wilayah hukumnya.

"Banjir ini merupakan limpahan air dari atas pegunungan, disebabkan curah hujan yang cukup tinggi mulai siang hingga pukul 19.00 WIB, Kamis (20/1/2022). Semua petugas dari TNI-Polri dan BPBD telah disebar di berbagai simpul untuk mengurai air. Laporan yang kami terima saat ini perlahan-lahan banjir mulai surut," kata AKBP Wahyudi, Jumat (21/1/2022) dini hari.

Hal serupa juga diutarakan Kapolsek Grogol AKP Shokib Dimyati.

"Rumah warga di Desa Gambyok terendam banjir. Ketinggian air pun bervariasi mulai dari 30 CM hingga 1 meter. Aktivitas warga pun menjadi terganggu, kini sebagian warga memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman," jelas Shokib.

Sementara salah seorang warga Desa Gambyok, Siti Aisyah mengatakan banjir di Kediri yang terjadi ini akibat hujan deras yang mengguyur lebih dari 4 jam. Tingginya intensitas hujan membuat debit air sungai setempat meluber hingga memasuki pemukiman warga.

"Banjir ini terjadi kemungkinan akibat tingginya intensitas hujan membuat debit air sungai setempat meluber sampe masuk rumah," kata Siti.



Simak Video "Banjir Rob Terjang Pantai Utara Probolinggo, Warga Pesisir Diminta Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)