Air Terjun Grojogan Sewu dan Dua 'Tetangganya' di Karanganyar

Air Terjun Grojogan Sewu dan Dua 'Tetangganya' di Karanganyar

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 07 Sep 2022 18:01 WIB
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Foto: kartika bagus/detikFOTO
Solo -

Air terjun Grojogan Sewu berada di pegunungan berketinggian 1.100 MDPL di wilayah Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawamangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk menuju ke air terjun yang menjulang setinggi 81 meter ini, kamu mesti menapaki 1.250 anak tangga. Jangan lupa, di sekitar objek wisata alam ini juga ada berbagai daya tarik lainnya. Berikut ulasannya.

Air Terjun Grojogan Sewu

Rute menuju air terjun Grojogan Sewu yang berupa seribuan anak tangga nan mengular dan berkelak-kelok di bawah rimbunnya pepohonan itu sudah menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pecinta wisata alam.

Di jalur nan landai namun cukup panjang ini, kamu bisa berjumpa dengan kera ekor panjang. Meski liar, kera ekor panjang di air terjun Grojogan Sewu ini cukup bersahabat. Tak perlu khawatir, di jalur tersebut juga ada pawang yang mengawasi kera-kera itu.


Objek wisata air terjun Grojogan Sewu buka tiap hari pukul 08.00-16.00 WIB. Khusus Minggu buka pukul 07.30-16.30 WIB. Adapun harga tiket masuknya Rp 20.000 per orang dan tarif parkir motor Rp 5.000.

Selain bisa berbasah-basah di bawah air terjun Grojogan Sewu yang jatuh bagaikan kapas, kamu juga bisa menikmati sejuknya air kolam renangnya. Fasilitas pendukung wisatanya juga komplet, dari kamar mandi, tempat makan, mushola, spot foto, dan lain-lain.

2 Tetangga Air Terjun Grojogan Sewu

Tak jauh dari air terjun Grojogan Sewu, kamu juga bisa singgah ke Air Terjun Jumog dan Air Terjun Parang Ijo yang juga berada di wilayah pegunungan Kabupaten Karanganyar, Jateng.

Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog yang baru diresmikan pada 7 Agustus 2004 itu berada di ketinggian 910 MDPL di Taman Batu Tiban, Jumog, Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Air terjun ini buka tiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB. Dikutip dari akun Instagram pengelolanya @air_terjun_jumog, harga tiket masuknya Rp 15.000 per orang.

Meski tak setinggi air terjun Grojogan Sewu, air terjun Jumog terbilang lebih asri dan rindang suasananya. Di sini kamu bisa menyantap kuliner khas setempat di sepanjang tepi sungainya yang jernih, berhulu dari air terjunnya.

Fasilitas penunjang wisatanya juga lengkap, ada kolam renang, flying fox, gazebo, jembatan-jembatan melengkung nan menawan untuk berfoto, dan lain-lain.

Air Terjun Parang Ijo

Air terjun ketiga ini selain air terjun Grojogan Sewu ini berada di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Objek wisata air terjun berketinggian sekitar 50 meter ini buka tiap hari pukul 09.00-16.00 WIB. Khusus hari Minggu buka pada pukul 08.30-16.30 WIB. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang.



Simak Video "Pesona Air Terjun Gallang di Desa Wisata Tombolo Pao"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)