Jarang Dikenal, 5 Air Terjun Jawa Tengah Ini Tak Kalah Menawan

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 06 Agu 2022 07:05 WIB
Curug Tirto Wening
Curug Tirto Wening. Foto: (Aji Kusuma/detikTravel)
Solo -

Tiap mendengar frasa air terjun Jawa Tengah, ingatan sebagian orang pasti langsung tertuju pada Grojogan Sewu yang berada di Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawamangu, Kabupaten Karanganyar. Padahal, masih banyak air terjun Jawa Tengah yang tak kalah menawan meski tak setenar Grojogan di Tawangmangu.

Dirangkum dari liputan tim detikJateng, berikut 7 air terjun Jawa Tengah yang patut direkomendasikan untuk mengisi liburanmu di akhir pekan ini.

1. Curug Tirtowening, Semarang

Curug Tirtowening adalah air terjun Jawa Tengah pertama yang bisa kamu kunjungi. Curug ini berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di wilayah Desa Cemanggal, Kabupaten Semarang.


Menariknya, air terjun Jawa Tengah yang satu ini masih asri, bersih dari sampah, dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Meski air terjunnya tak terlalu tinggi, di sini kamu bisa berendam di curug yang jernih berkedalaman sekitar 1,5 meter.

Jika lewat jalan tol dan keluar di pintu tol Ungaran atau Bawen, kamu tinggal melanjutkan perjalanan sekitar 20 kilometer ke arah selatan.

2. Curug Cipendok, Banyumas

Air terjun Jawa Tengah yang pertama ini memiliki ketinggian sekitar 92 meter, lebih tinggi dari Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar yang hanya 81 meter. Curug Cipendok berada di lereng Gunung Slamet, sekitar 20 kilometer dari kota Purwokerto, tepatnya di Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Cilongok, Banyumas.

Menariknya, Curug Cipendok ini memiliki kolam seperti mangkuk yang terbentuk secara alami oleh dinding pegunungan di sekelilingnya. Dari kejauhan, air terjun Jawa Tengah ini seperti air yang dituangkan dari teko ke dalam mangkuk.

Untuk menuju air terjun Jawa Tengah ini, kamu mesti menyusuri jalan setapak sepanjang 500 meter yang sudah tertata rapi. Ada gazebo di sekitar air terjun ini untuk melepas lelah atau menghangatkan diri setelah bermain air.

3. Air Terjun Montel, Kudus

Air Terjun Jawa Tengah ketiga ialah air terjun Montel yang berada di pegunungan Muria Kudus, tepatnya di daerah Colo, Kecamatan Dawe. Dari pusat kota Kudus, jaraknya sekitar 20 kilometer atau sekitar 36 menit jika ditempuh dengan sepeda motor.

Air terjun Jawa Tengah ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Dari tempat parkir, kamu tinggal berjalan sekitar 10 menit saja. Harga tiketnya masuknya cukup murah, yaitu Rp 5.000 pada akhir 2021 lalu.

4. Curug Sejajar, Pemalang

Air terjun Jawa Tengah yang keempat ialah Curug Sejajar di Desa Badak, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Sesuai namanya, di lokasi ada dua air terjun yang posisinya sejajar atau berdampingan.

Air terjun Jawa Tengah ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Jalan Belik-Purbalingga menuju jalan Belik-Watukumpul, atau 1,5 jam dari pusat kota Pemalang.

Dari tempat parkir, kamu tinggal berjalan kaki sekitar 15 menit lewat area persawahan. Di tengah perjalanan itu kamu sudah bisa menikmati keindahan pemandangan air terjunnya.

Tak hanya memiliki dua air terjun yang berdampingan, Curug Sejajar juga punya keunikan berupa aliran air yang bertingkat.

5. Air Terjun Mbengkat Indah, Grobogan

Air terjun Jawa tengah yang kelima ini berada di Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan.Air terjun Mbengkat Indah ini layak menjadi buruan traveler lantaran belum banyak dikunjungi. Alamnya masih asri.

Untuk menuju ke air terjun ini, pengunjung harus menuruni lereng bukit curam yang sudah dilengkapi anak tangga beton dengan pegangan dari bambu.



Simak Video "Mengagumi Keindahan Air Terjun Dlundung di Mojokerto"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)