Dijadwalkan Kunjungi Borobudur, Presiden Jerman Akan Diajak Naik ke Candi

Eko Susanto - detikJateng
Rabu, 15 Jun 2022 15:51 WIB
Rombongan delegasi G20 naik ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Mereka tampak memakai sandal upanat.
Rombongan delegasi G20 naik ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Mereka tampak memakai sandal upanat. Foto: Eko Susanto
Magelang -

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier direncanakan akan naik Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (17/6). Pengelola akan mengajaknya berkeliling hingga ke bagian atas candi.

"Iya (naik candi), tapi di Lalitavistara lantai 3," Wakil Sementara (WS) General Manager Unit Borobudur dan Manohara, Pujo Suwarno saat ditemui di kantornya, Rabu (15/6/2022).

Seperti pengunjung lain yang naik ke candi, Presiden Jerman rencananya juga tidak akan mengenakan sepatu. Pengelola sudah menyediakan sandal upanat bagi para tamunya itu.


"Rencananya juga begitu (pakai sandal upanat). Simulasi kemarin lewat concourse, tapi ini akan dimatangkan dulu konsepnya," kata Pujo menerangkan.

Saat ini pihaknya belum menerima informasi secara pasti mengenai jumlah pengiring yang akan ikut rombongan itu. Hal tersebut terkait dengan jumlah sandal upanat yang harus disediakan.

"Jumlahnya (rombongan) kurang lebih 35 orang, cuman detailnya sedang menunggu list dari Kedubes Jerman yang hari ini," ujarnya.

Selama kunjungan itu, rencananya Candi Borobudur tidak akan menerima kunjungan wisatawan umum. Mereka baru akan membuka loket pada siang hari.

"Dalam rangka kunjungan tamu kenegaraan Presiden Jerman ke Taman Wisata Candi Borobudur akan ditutup mulai pukul 07.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Jadi wisatawan masih bisa berkunjung jam 12.00 WIB sampai 16.30 WIB," kata Pujo.



Simak Video "Persiapan Pembuatan Upanat, Sandal untuk Naik ke Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)