Info Lur! Ini Pengalihan Jalan Jogja-Wonosari Akibat Longsor di Bukit Bintang

Info Lur! Ini Pengalihan Jalan Jogja-Wonosari Akibat Longsor di Bukit Bintang

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 11 Nov 2022 14:10 WIB
Tanah longsor yang terjadi di Jalan Jogja-Wonosari, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, DIY beberapa waktu lalu mengakibatkan adanya pengalihan jalur jalan Patuk-Piyungan.
Tanah longsor di Jalan Jogja-Wonosari, Bukit Bintang Piyungan, beberapa waktu lalu mengakibatkan adanya pengalihan jalur jalan Patuk-Piyungan. Foto: Tangkapan layar
Gunungkidul -

Tanah longsor yang terjadi di Jalan Jogja-Wonosari kawasan Bukit Bintang, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, DIY beberapa waktu lalu mengakibatkan adanya pengalihan jalur jalan Patuk-Piyungan. Bagi yang sudah berencana untuk liburan di akhir pekan ini ke arah Patuk-Piyungan, simak detail pengalihan jalan berikut ini.

Longsor tersebut terjadi hampir setengah badan jalan. Adapun longsor tepatnya terjadi di tikungan sebelum restoran Sido Kumpul (SKP) Bukit Bintang, Plesedan, jika dari arah Jogja. Longsor ini berada di sisi kanan jalan.

Saat ini jalan tersebut tengah diperbaiki dan polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk kendaraan dengan tonase lebih dari 10 ton (bus-truk besar) hingga dua pekan ke depan.


"Dari hasil survei dan kesepakatan dengan pihak-pihak terkait diputuskan ada pengalihan arus untuk kendaraan dengan tonase lebih dari 10 ton. Jadi kendaraan yang lebih dari 10 ton tidak boleh lewat Jalan Wonosari-Jogja, khususnya di lokasi longsor," kata Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Purwanta saat dihubungi detikJateng, Kamis (10/11/2022).

Pengalihan Jalur Patuk-Piyungan

Dikutip detikJateng dari akun Instagram resmi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, @pemkabgunungkidul, berikut ini detail pengalihan jalur Patuk-Piyungan yang berlaku mulai 8 hingga 29 November 2022:

-Kendaraan dengan berat lebih dari 10 Ton dari arah Wonosari tujuan Jogja, dialihkan melalui jalur Wonosari - Karangmojo - Semin - Pandanan - Watukelir - Cawas - Pedan - Klaten - Jogja.

-Kendaraan dengan berat kurang dari 10 Ton dari arah Wonosari tujuan Jogja, dialihkan melalui jalur Wonosari - Karangmojo - Semin - Sambeng - Cawas - Pedan - Klaten - Jogja.

-Kendaraan Roda 2 dan Roda 4
Bagi kendaraan roda 2 dan roda 4 dari arah Wonosari tujuan Jogja melalui jalur utara, dialihkan melalui jalur Wonosari - Sambipitu - Nglanggeran - Sorogedug / Sumberejo - Jogja. Sementara itu, pengalihan jalur selatan melalui Wonosari - Playen - Dlingo - Imogiri - Jogja.

Bagi wisatawan yang sudah berencana untuk pergi liburan akhir pekan ke Gunungkidul atau sebaliknya, dapat mengikuti informasi pengalihan jalur tersebut agar perjalanan lancar.



Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/rih)