Waspada! Potensi Cuaca Ekstrem di Jogja 3 Hari ke Depan

Waspada! Potensi Cuaca Ekstrem di Jogja 3 Hari ke Depan

Tim detikJateng - detikJateng
Senin, 03 Okt 2022 14:05 WIB
Proses penataan kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, telah rampung dilakukan. Kawasan itu kini kian setelah bebas dari kabel melintang. Berikut potretnya.
Tugu Pal Putih Jogja (Foto: Pius Erlangga/detikcom)
Jogja -

BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). BMKG memprakirakan potensi cuaca ekstrem di Jogja dalam tiga hari ke depan.

"Prospek cuaca ekstrem di wilayah DIY tiga hari ke depan, 3 Oktober-5 Oktober 2022," kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Jogja Warjono dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Dijelaskannya, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali suhu muka laut positif wilayah Laut Jawa dan Samudra Hindia selatan Jawa yakni + 1 - 3 0 C serta aktifnya gelombang Rossby Ekuator di wilayah Pulau Jawa dapat menyebabkan adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.


Kelembapan udara yang relatif cukup tinggi mencapai 90% dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

"Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG DIY memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 3-5 Oktober 2022," jelasnya.

Potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah DIY sebagai berikut:

3 Oktober 2022

  • Kota Jogja, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul bagian utara, Kabupaten Bantul bagian utara, dan Kabupaten Kulon Progo bagian utara serta sekitarnya.

4 Oktober 2022

  • Kota Jogja, Sleman, Gunungkidul bagian utara, Bantul bagian utara, dan Kulon Progo bagian utara serta sekitarnya.

5 Oktober 2022

  • Kota Jogja, Sleman, Gunungkidul bagian utara, Bantul, dan Kulon Progo serta sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan.

"Berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," jelasnya.



Simak Video "Ada Peningkatan Curah Hujan, BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/dil)