Ratusan Pesepeda Downhill Berlaga di Trek Bukit Klangon Sleman

Ratusan Pesepeda Downhill Berlaga di Trek Bukit Klangon Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Kamis, 26 Mei 2022 19:20 WIB
Trek balap sepeda downhill di Bukit Klangon Sleman, Kamis (26/5/2022).
Trek balap sepeda downhill di Bukit Klangon, Sleman, DIY, Kamis (26/5/2022). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Sleman -

Ratusan atlet ikut ambil bagian dalam event balap sepeda downhill individu TerasCAF seri 2 2022. Event ini berlangsung pada 26 hingga 29 Mei 2022 di sirkuit Klangon Bike Park, Sleman, DIY.

Founder CAF'S Technology & CAF Group, Yanuar Anugrah mengatakan seri 2 TerasCAF sudah masuk dalam agenda federasi olahraga balap sepeda dunia, Union Cycliste Internationale (UCI). Artinya peserta kelas Men Elite, Women Elite dan Men Junior akan mendapat poin dari hasil balapan.

"Jumlah peserta yang mendaftar dari 15 April-15 Mei yaitu 404 orang. Jumlah tersebut mencapai yang ditargetkan dan sudah maksimal mengingat lomba ini adalah individual yaitu peserta dilepas satu per satu," kata Yanuar kepada wartawan, Kamis (26/5/2022).


Yanuar mengatakan kelas Men Elite akan diikuti 39 pembalap dan Women Elite 16 orang. Tak hanya pembalap dalam negeri saja, ada pembalap dari luar negeri yang ikut event ini.

"Karena event ini sudah masuk kalender UCI kami juga undang dari federasi negara tetangga. Terdapat 2 peserta dari Malaysia yaitu di kelas Women Elite dan Women Open," bebernya.

Yanuar menjelaskan, event ini terbuka untuk umum. Warga bisa menonton balap sepeda downhill ini secara gratis.

"Warga bisa menonton secara gratis dan di sini juga kami menggandeng UMKM setempat sebagai tanggung jawab untuk pemulihan ekonomi pascapandemi," ucapnya.

Adapun race akan dimulai pada Sabtu 28 Mei 2022 yaitu Seeding Run. Kemudian pada Minggu 29 Mei Final Run.

Sementara itu, salah satu founder TerasCAF, Widiyono mengatakan event TerasCAF seri 2 banyak penyesuaian. Seperti trek yang disesuaikan dengan standar UCI.

Trek Bukit Klangon ini biasa dipakai untuk berlatih komunitas balap sepeda downhill di Yogyakarta dan sekitarnya. Timnas Indonesia yang berlaga di SEA Games Vietnam 2022 juga kerap berlatih di Bukit Klangon.

Penyelenggara TerasCAF selain menyempurnakan jalur yang sudah ada dengan perbaikan juga membangun rintangan baru khusus untuk event ini.

"Tentu kualitas event termasuk obstacle di trek kita tingkatkan dari seri 1 sebelumnya. Karena trek ini kami juga lakukan perbaikan dan penambahan obstacle, kami buat trek ini lebih cepat," ucap Widiyono.

Widiyanto juga mengatakan event ini sebagai wadah bagi para rider-rider muda di kelas Pra Youth, Youth dan Junior mengasah bakat melalui kompetisi yang kompetitif.

"Harapannya akan tercipta pembinaan yang di masa yang akan datang melahirkan prestasi rider-rider kita," katanya.

Sementara itu, salah satu rider yang akan turun di kelas Women Elite, Naila Ayashya (21) dari tim Teras MTB mengaku tertantang dengan trek di Bukit Klangon ini. Ia pun tak sabar untuk segera menjajal trek sepanjang 1,7 kilometer yang berada di Dusun Kalitengah Lor ini.

"Treknya menantang banget, apalagi sekarang ditambah beberapa jumping dan obstacle ini penting untuk prestasi dan scouting juga," kata Naila.



Simak Video "Momen Polisi Tegur Pesepeda Ngeyel yang Keluar Jalur di Thamrin"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)