Sultan Lantik Pj Wali Kota Jogja dan Bupati Kulon Progo, Ini Sosoknya

Heri Susanto - detikJateng
Minggu, 22 Mei 2022 14:46 WIB
Pelantikan Penjabat (Pj) Wali Kota Jogja Sumadi dan Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Minggu (22/5/2022).
Pelantikan Penjabat (Pj) Wali Kota Jogja Sumadi dan Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Minggu (22/5/2022). Foto: dok. Humas Pemda DIY
Yogyakarta -

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X resmi melantik Penjabat (Pj) Wali Kota Jogja dan Pj Bupati Kulon Progo. Di kesempatan yang sama, juga dilakukan acara pemberhentian kepala daerah periode 2017-2022 yakni Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti dan wakilnya Heroe Poerwadi, serta Bupati Kulon Progo Sutedjo dan wakilnya Fajar Gegana.

Dilantik sebagai Pj Wali Kota Jogja adalah Asisten Sekretaris Daerah (Assekda) Bidang Administrasi dan Umum Pemda DIY, Sumadi. Sementara itu yang dilantik menjadi Pj Bupati Kulon Progo adalah Assekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemda DIY, Tri Saktiyana.

Sultan menjelaskan, pelantikan ini sesuai SK Keputusan Menteri Dalam Negeri RI No 131.34-1176 tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Jogja dan Nomor 131.34-1177 tahun 2022 Pengangkatan Penjabat Bupati Kulon Progo.

"Proses pengambilan keputusan penting tidak tertunda, dan dapat terlaksana sesuai kewenangan yang ada pada Penjabat Walikota dan Penjabat Bupati," kata Sultan saat memberikan sambutan, di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Minggu (22/5/2022).

Pemilihan kedua penjabat itu sebagai Pj, lanjut Sultan, karena sudah memahami sosio kultural di Kota Jogja dan Kabupaten Kulon Progo. Diharapkan Sultan, kedua penjabat kepala daerah itu bisa menjalankan roda pemerintahan berbasis pada kepentingan masyarakat.

"Dengan ditunjang koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Pusat, Pemda DIY, dan seluruh jajaran di tempat tugas barunya, maka insyaallah, keduanya akan mampu menyelesaikan segala tugas yang sudah diembankan," harapnya.

Ada tugas khusus dari Sultan terharap kedua penjabat. Mereka harus mampu mendorong terciptanya output sebagai daerah percontohan praktik reformasi birokrasi tematik pengentasan kemiskinan.

Mengingat pada tahun 2022 kata Sultan, Pemda DIY, Pemkot Jogja, dan Pemkab Kulon Progo terpilih sebagai Pilot Project Reformasi Birokrasi Tematik Pengentasan Kemiskinan yang digagas oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara.

"Dengan kondisi seperti itu, saya berharap, agar Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo, dengan didukung semua perangkat daerahnya, dapat segera "cancut taliwanda" untuk menyukseskan agenda-agenda daerah yang sangat penting dalam waktu dekat ini, dan sekaligus terlibat aktif dalam agenda pilot project tersebut. Kepada saudara Penjabat Bupati Kulon Progo dan Penjabat Wali Kota Yogyakarta, saya sampaikan selamat bekerja dan mengabdi," ucap Sri Sultan.



Simak Video "Respons HB X Diusulkan PAN Bantul Jadi Capres"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)