Libur Long Weekend, Malioboro Macet Lur!

Heri Susanto - detikJateng
Minggu, 15 Mei 2022 20:15 WIB
Akses jalan menuju Malioboro Jogja macet. Foto diambil Minggu (15/5/2022) dari Tempat Parkir Abu Bakar Ali.
Akses jalan menuju Malioboro Jogja macet (Foto: Heri Susanto/detikJateng)
Yogyakarta -

Libur long weekend banyak dimanfaatkan wisatawan berkunjung ke Kota Jogja. Kawasan Malioboro pun macet.

Pantauan detikJateng, Minggu (15/5) akses jalan yang menuju ke Malioboro sejak sekitar pukul 19.00 WIB ramai kendaraan. Meski sejak pukul 18.00-21.00 WIB Malioboro bebas kendaraan bermotor, antrean kendaraan pribadi maupun bus pariwisata mengular.

Antrean kendaraan terlihat dari utara, di perempatan Jalan Sudirman maupun ruas jalan dari Stadion Kridosono yang mengarah ke Malioboro. Di Jalan Abu Bakar Ali atau Kotabaru yang menjadi akses masuk Malioboro dari timur pun dipenuhi kendaraan.

Sementara dari selatan tepatnya di Jalan Mataram, antrean sudah mengular sejak dari perempatan Gondomanan. Hal ini karena di perempatan Hotel Melia Purosani ada lampu merah.

Ketua Paguyuban Parkir Malioboro II Hanarto mengungkapkan antrean panjang kendaraan masuk Malioboro sudah terjadi sejak Sabtu (14/5) sore. Puncak kepadatan kendaraan paling panjang terjadi pagi tadi.

"Kemarin sore sudah antre panjang, tapi tidak seperti sekarang. Kalau hari ini akses masuk Malioboro semuanya macet," kata Hanarto, saat ditemui detikJateng di Kawasan Malioboro, Minggu (15/5/2022).

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Agus Syarif menuturkan pihaknya masih melakukan pengaturan lalu lintas di lapangan.

"Kami masih terus lakukan penguraian bersama Satlantas. Tapi, hari ini memang volume kendaraan sejak pagi sangat overload," kata Agus Syarif saat dihubungi detikJateng malam ini.

Agus mengatakan keterbatasan parkir di area Malioboro menjadi masalah rutin. Sebab, semua kendaraan ingin masuk atau parkir di area terdekat Malioboro.

"Ya kami alirkan yang penting terus jalan tidak berhenti atau macet," jelasnya.



Simak Video "Polisi Ciduk Pria Ngaku Anggota Brimob Tipu Janda di Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)