Peletakan Batu Pertama Tol Jogja-Bawen Maret, Target Selesai 2023

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Sabtu, 29 Jan 2022 17:54 WIB
Peta proyek jalan tol Jogja-Bawen seksi 1
Peta proyek jalan tol Jogja-Bawen seksi 1. Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Sleman -

Peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek tol Jogja-Bawen akan dimulai pada Maret mendatang. Adapun pengerjaan konstruksi tol Jogja-Bawen di wilayah DIY ditargetkan selesai pada 2023.

Rencananya, ada 3 lokasi yang akan menjadi lokasi peletakan batu pertama itu, yaitu Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati, dan Kapanewon Sleman.

"Rencananya (groundbreaking) di bulan Maret. Kemarin di bulan Februari, cuma mungkin nanti di Februari antara pertengahan sampai akhir. Cuma nanti kita fokusnya di bulan Maret," kata PPK Jalan Tol Jogja-Bawen, Wijayanto , saat ditemui di Balai Kalurahan Banyurejo, Tempel, Sleman, Sabtu (29/1/2022).


Wijayanto mengatakan, sebelum dilakukan groundbreaking, prosesnya yakni pembersihan lahan (land clearing) pada Februari.

"Land clearing Februari, (groundbreaking) mulai dari Tirtoadi," ucapnya.

Wijayanto menjelaskan, sembari menunggu proses groundbreaking dan land clearing, pihaknya akan menyesaikan pencairan uang ganti rugi (UGR) bagi warga yang terdampak tol. Saat ini proses pencairan dana sudah mencapai 86 persen untuk ruas tol Jogja-Bawen seksi 1.

"Sudah 86 persen. Kalau (UGR) warga sudah, tinggal yang TKD (tanah kas desa) sama (tanah) wakaf yang belum," urainya.

Dia mengungkapkan, proses untuk penggantian tanah kas desa baru akan dilaksanakan pekan depan.

"Minggu depan, kita akan koordinasi dengan teman-teman Provinsi DIY, kaitannya itu kan tanah di Jogja beda dengan di daerah lain. Kalau di sini kan ada Sultan Ground (SG). Ini nanti koordinasi seperti apa, pelaksanaan seperti apa," sebutnya.

Total panjang ruas jalan tol Jogja-Bawen yakni 75,8 kilometer. Sedangkan ruas jalan tol yang melintasi wilayah DIY sepanjang 8,8 kilometer, meliputi tiga Kapanewon yakni, Mlati, Seyegan, dan Tempel.

Adapun total anggaran yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan tol sebanyak 1.098 bidang itu mencapai Rp 905,3 Miliar.

"Targetnya (konstruksi) bisa selesai di tahun 2023 akhir untuk yang Jogja ini," pungkasnya.



Simak Video "Kisah Eks Kades di Magelang Hibahkan 4 Ha Lahan Buat Warga Terdampak Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)