Relawan Sandiaga Beri Kupon BBM Murah untuk Bantu Nelayan di Cilacap

Jihaan Khoirunnissa - detikJateng
Selasa, 04 Okt 2022 14:43 WIB
relawan sandiaga
Foto: Istimewa
Jakarta -

Relawan UKM Sahabat Sandi mengadakan program BBM Murah untuk ratusan nelayan di Cilacap, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meringankan kebutuhan operasional nelayan di tengah kenaikan harga BBM.

Perwakilan UKM Sahabat Sandi Cilacap Vienkan menyebut program subsidi BBM kepada nelayan merupakan hal yang tepat. Mengingat 60% biaya yang harus dikeluarkan nelayan adalah untuk BBM. Sehingga ketika harga BBM melonjak, maka tentu akan menyebabkan penurunan pendapatan para nelayan.

"Jadi ketika memberikan ini dari UKM Sahabat Sandi menurut saya program Pak Sandi sangat tepat sasaran, karena bisa meringankan para nelayan dalam menghemat bahan bakar serta membangkitkan ekonomi para nelayan," ujar Vienkan dalam keterangan tertulis, Selasa (4/10/2022).


Vienkan pun menjabarkan mekanisme pemberian BBM murah kepada nelayan. Menurutnya para nelayan diberikan sebuah kupon untuk kemudian ditukarkan dengan satu jeriken bensin.

"Mereka nanti dikasih voucher senilai Rp 50 ribu lalu ditukarkan dengan uang Rp 10 ribu. Kemudian nanti mereka membawa jeriken kepada pom untuk diisi bahan bakar dengan kurang lebih 4 liter yang diberikan," paparnya.

Lebih lanjut Vienkan mengatakan pihaknya bersama perkumpulan nelayan di Cilacap mendukung pencalonan Sandiaga Uno sebagai Presiden RI di tahun 2024. Hal ini karena Sandiaga dinilai sebagai sosok yang peduli dan turut membantu perekonomian masyarakat Indonesia.

"Pak Sandi itu sosok yang sangat inspiratif dan kedua memang sosok yang memang konsen pada pemulihan ekonomi nasional, sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat tepat. Apalagi Pak Sandi di 2024 jika mencalonkan sebagai presiden, kita sangat mendukung," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan nelayan yang juga penerima manfaat, Eko Romaniyanto mengatakan program BBM murah yang diberikan oleh UKM Sahabat Sandi sangat membantu nelayan. Karena dengan adanya bantuan tersebut, dirinya dapat menghemat biaya operasional saat melaut.

"Perasaan saya senang dan bahagia karena mendapat subsidi Rp 10 ribu dapat BBM satu jeriken. Semoga kelanjutannya masih ada dari permintaan nelayan," pungkasnya.



Simak Video "3 Cara Hadapi Kenaikan Harga BBM dan Biaya Hidup Versi Sandiaga Uno"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)