Ganjar Imbau Kepala Daerah se-Jateng Gunakan Aspal Buton

Ganjar Imbau Kepala Daerah se-Jateng Gunakan Aspal Buton

Dea Duta Aulia - detikJateng
Jumat, 30 Sep 2022 14:49 WIB
Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melalui Sekda Jateng Sumarno menginstruksikan seluruh kepada daerah se-Jateng untuk menggunakan aspal buton. Imbauan itu sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penggunaan produk dalam negeri.

"Ini bagian dari pelaksanaan atau implementasi menggunakan produk dalam negeri. Nah kalau aspal kita dari dalam negeri saja ada, kenapa kita tidak mau menggunakan," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Jumat (30/9/2022). Ganjar mengatakan hal itu saat di Hotel Novotel, Kota Semarang.

Menurutnya, aspal buton merupakan jenis aspal alami yang secara spesifik hanya terdapat di dua lokasi di dunia, salah satunya di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Tak hanya itu aspal buton juga memiliki potensi sebesar 694 juta ton.


Ganjar mengatakan aspal buton memiliki kualitas yang cukup bagus. Karena kualitas tersebut pihaknya pun menggunakan aspal buton di Kantor Gubernur dan sejumlah ruas jalan di Jateng.

"Kita dorong termasuk untuk urusan-urusan civil work. Selain di kantor, sudah digunakan di beberapa ruas jalan yang mulai kita pakai juga," kata Ganjar.

Ia mengatakan kepercayaan diri dalam menggunakan produk lokal harus ditingkatkan di semua sektor.

"Maka kita sampaikan ini lho ada aspal yang bisa dipakai buatan dalam negeri, ayo kita gunakan. Kita mesti punya kepercayaan diri untuk kita bisa pakai dan itu juga berlaku kepada produk-produk lain yang memang potensial untuk kita bisa pakai sendiri," katanya.

Ia menuturkan imbauan tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar produk dalam negeri digunakan untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Ganjar menambahkan Pemprov Jateng melalui Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Jateng telah menggunakan aspal buton di wilayah Jawa Tengah sejak 2021. Hal itu sejalan dengan peraturan PUPR nomor 18 tahun 2018 soal penggunaan aspal buton untuk jalan.

"Pak Presiden menyampaikan kurangi kemiskinan, tekan inflasi, koordinasikan antar daerah. Bupati, Gubernur, Wali Kota semua harus turun dan jangan lupa, gunakan produk dalam negeri," tutupnya.



Simak Video "Ganjar Jawab Isu Dilarang ke Luar Jateng: Boleh Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)