Komnas HAM Akan Cek Rumah Ferdy Sambo, Didampingi Tim Labfor-Inafis

Tim detikNews - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 16:48 WIB
Suasana di sekitar kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jl Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan.
Foto: Suasana di sekitar kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jl Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan. (Khairul Ma'arif/detikcom)
Solo -

Komnas HAM akan mendatangi lokasi atau tempat kejadian perkara (TKP) penembakan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Seperti diketahui, TKP penembakan itu di rumah dinas eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta.

Kabar akan adanya kunjungan Komnas HAM ke TKP penembakan Brigadir Yoshua atau Brigadir J itu disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Komnas HAM akan meninjau TKP penembakan Brigadir Yoshua pada lusa atau Senin (15/8) pekan depan. "Untuk Senin Komnas HAM infonya mau melihat TKP," kata Irjen Dedi Prasetyo, Sabtu (13/8/2022), dikutip dari detikNews.


Irjen Dedi belum menjelaskan secara lengkap ihwal apa saja yang akan dilakukan Komnas HAM di TKP penembakan Brigadir Yoshua atau Brigadir J. Namun, dia mengatakan Komnas HAM akan didampingi oleh tim Laboratorium Forensik hingga Inafis (Indonesia Automatic Fingerprint System).

4 Polisi Tersangka, 16 Ditahan di Patsus

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengumumkan 4 tersangka dalam kasus penembakan yang menyebabkan kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Status tersangka pertama kali dikenakan pada Bharada Richard Eliezer atau Bharada E. Kemudian, ada dua tersangka lagi berinisial RR (Ricky Rizal) dan KM (Kuat Ma'ruf). Sedangkan tersangka keempat ialah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto juga telah menyebutkan daftar 4 tersangka dalam kasus kematian Brigadir J. Berikut 4 tersangka kasus Brigadir J yang diketahui sejauh ini:

1. Bharada E atau Bharada RE adalah Bharada Richard Eliezer
2. Tersangka RR atau Brigadir RR adalah Brigadir Ricky Rizal
3. Tersangka KM
4. Irjen Ferdy Sambo adalah mantan Kadiv Propam Polri.

Selain menetapkan 4 tersangka, Polri juga telah menahan sebanyak 16 polisi yang ditempatkan di tempat khusus (patsus). "Jumlah sampai hari ini 16 orang yang telah ditempatkan di tempat khusus (patsus), 6 orang di Mako dan 10 orang di Provos," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Sabtu (13/8/2022), dikutip dari detikNews.



Simak Video "Sanksi Pemecatan dan Pidana untuk Polisi Terlibat Skenario Ferdy Sambo"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)