Terpopuler Sepekan

Terungkapnya Pembunuhan Gadis ABG Kebumen

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 21 Mei 2022 18:12 WIB
Sosok ABG yang ditemukan tewas di Kaliputih Kebumen
Sosok ABG yang ditemukan tewas di Kaliputih Kebumen (Foto: dok. IG Jatanras Polda Jateng)
Solo -

Gadis ABG di Kebumen, F (14) ditemukan tewas di ladang di wilayah Dusun Watu Gede, Desa Kaliputih, Kecamatan Alian, Kebumen. Gadis ABG itu ternyata tewas di tangan kekasihnya RK (17) dengan bantuan HS temannya.

Jasad F ditemukan tanpa identitas pada Sabtu (14/5) lalu oleh seorang pencari rumput. Proses pencarian identitas korban dilakukan polisi dengan menyebar ciri-ciri korban di media sosial akhirnya diketahui ada keluarga yang mengaku kehilangan anggotanya.

Belakangan gadis itu diketahui dibunuh teman prianya sehari sebelumnya. F dan RK diketahui bertemu pertama pada Kamis (12/5) pekan lalu.

"Janjian melalui WA (WhatsApp). Kemudian janjian bertemu di Alun-alun Kebumen, Kamis sekitar pukul 03.00 WIB," kata Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Djuhandhani Raharjo Puro di Mapolda Jateng, Kamis (19/5/2022).

Setelah bertemu, korban diajak ke Waduk Wadaslintang. Kala itu pelaku pergi bersama seorang temannya. di waduk itu, mereka sempat minum minuman keras lalu pulang ke rumah masing-masing.

Keesokan harinya, pada Jumat (13/5), mereka bertiga kembali bertemu di Waduk Wadaslintang kemudian menuju ke Desa Ketekan. Di tengah perjalanan, pelaku, dan korban mencari tempat untuk berduaan.

"Temannya pergi ke Desa Semawung," terang Djuhandani.

Pelaku dan korban diketahui berpacaran. Saat momen berdua itu pelaku tiba-tiba menjerat leher korban, memukuli, dan menendang gadis itu berkali-kali hingga tewas. Usai membunuh korban, pelaku lalu membawa ponsel dan motor korban.

"Handphone korban dibawa pelaku kemudian dijual. Motor yang dipakai itu motor korban. Dibawa, dipreteli sama pelaku," ungkap Djuhandani.

Pelaku pun ditangkap di rumahnya di Wonosobo pada Rabu (18/5). "Alasan pelaku (membunuh) karena korban sering berkata kasar, sengak begitu," imbuh Djuhandhani.

Polisi menggelar jumpa pers kasus pembunuhan ABG di Kebumen, Jumat (20/5/2022).Polisi menggelar jumpa pers kasus pembunuhan ABG di Kebumen, Jumat (20/5/2022). Foto: Rinto Heksantoro/detikJateng

Belakangan polisi juga menangkap teman RK, yakni HS (15). Polisi menyebut HS turut menyaksikan saat pelaku membunuh kekasihnya F, bahkan dia turut membantu pelaku menjual barang-barang milik korban.

"Pelaku ada dua orang, RK dan HS tapi pelaku utama RK. Atas hasil penyelidikan dan alat bukti yang cukup, kami tetapkan dua pelaku sebagai tersangka," kata Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin saat menggelar pers rilis di Mapolres Kebumen, Jumat (20/5).

"Kemudian HS (15) juga turut serta menyaksikan dan menjual kendaraan bermotor dan handphone daripada korban, kami tetapkan sebagai tersangka," kata Burhanuddin.

Burhanuddin menuturkan pelaku sempat mengajak korban berhubungan badan di lokasi kejadian. Usai berhubungan, barulah pelaku membunuh korban dengan cara mencekik dan menjerat leher F dengan tali. Tak hanya itu, pelaku juga beberapa kali memukuli korban dan menginjaknya.

"Sedangkan kawannya satu tadi HS (15) di lokasi hanya menyaksikan," terangnya.

Kedua tersangka dibekuk petugas di rumahnya masing-masing pada Rabu (18/5). Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini para tersangka harus mendekam di sel tahanan Mapolres Kebumen dan bakal dijerat pasal 76c Jo pasal 80 ayat(3) UU RI No 35 tahun 2014 sebagai pengganti UU No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.



Simak Video "Tega! Siswi SMP Bunuh Bayi yang Diaborsi, Pacar Jadi Tersangka Pencabulan"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)