Kalender Jawa Kamis Kliwon 6 Oktober 2022: Tenang Seperti Air

Penanggalan Jawa

Kalender Jawa Kamis Kliwon 6 Oktober 2022: Tenang Seperti Air

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 06 Okt 2022 06:00 WIB
ilustrasi wanita dan air
Ilustrasi air. Foto: thinkstock
Solo -

Kalender Jawa hari ini, Kamis (6/10/2022) bertemu dengan pasaran Kliwon. Dalam penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan dengan 10 Mulud 1956, berada di Tahun Ehe, Windu Sancaya dan Wuku Kulawu.

Weton (hari kelahiran) Kamis Kliwon memiliki neptu 16. Pada umumnya, pemilik weton ini luwes dalam bertindak, dihormati banyak orang dan disenangi oleh para sanak saudaranya,

Pangarasan pada weton ini adalah Lakuning Banyu. Sifatnya tenang. Seperti air yang selalu mengalir ke tempat yang rendah, karena tahu persis di mana akan mendapatkan rezekinya. Biasanya pun dia memiliki perencanaan yang matang.


Sedangkan Pancasuda, Bumi Kapethak yang berarti pekerja keras, kuat menahan kekecewaan dan penderitaan, suka kerapian dan kebersihan. Namun memiliki sifat negatif yakni pendendam. Selain itu kebaikannya tidak terlihat orang lain.

Wuku Kulawu, lambang dewanya Bathara Sadana. Sifatnya kukuh, kuat kepribadiannya, banyak keberuntungannya. Air di tempayan ada di depan, pandai dan bijaksana besar keberuntungannya, tetapi cenderung gelap hati.

Gedhong ada di depan, wataknya senang pamer, dermawan, walaupun kadang juga kurang ikhlas. Lambang burungnya nuri, sangat boros dan cepat habis. Rela tanpa pamrih, sehingga kalau tidak hati-hati akan jauh dari keberuntungan dan serakah.

Membelakangi senjata tajam, jika memutuskan sesuatu tidak bisa segera, tapi belakangan. Lambangnya bagaikan embun menetes di sendhang, pada mulanya miskin, lalu agak kaya, dan akhirnya kaya. Digambarkan seperti burung dewata yang sedang bergerombol atau kawin. Wataknya, lestari dalam menjalin hubungan cinta asmara.

Bahayanya jika digigit ular. Kala ada di utara, selama tujuh hari jangan pergi jauh ke utara untuk urusan yang sangat penting.

Pada hari Kamis Kliwon di wuku ini adalah hari yang sangat buruk sebab musuh akan menghadang di perjalanan, memukul jatuh dan kita tak bisa membalasnya. Namun demikian, hari ini baik untuk menyimpan padi di lumbung.

[Diasuh oleh Ki Totok Yasmiran, ahli penanggalan Jawa dari Museum Radya Pustaka Solo.
Bagi pembaca yang ingin berkonsultasi mengenai weton, hari baik dan semacamnya bisa mengirim email melalui:infojateng@detik.com]



Simak Video "3 Pilar Sekolah Sehat yang Diusung Kemendikbud-Ristek"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/dil)