Penanggalan Jawa

Jumat Pahing 23 September 2022: Berwibawa dan Mencerahkan

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 23 Sep 2022 06:00 WIB
Ini Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional di Bulan September 2022
Ilustrasi kalender (Foto: Getty Images/iStockphoto/Gam1983)
Solo -

Hari ini, Jumat (23/9/2022) bertemu dengan pasaran Pahing. Dalam penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan dengan 19 Sapar 1956, berada di Tahun Ehe, Windu Sancaya dan Wuku Wugu.

Weton (hari kelahiran) Jumat Pahing memiliki neptu 15. Pada umumnya pemilik weton ini ramah, manis budi bahasanya, jujur dan bercita-cita tinggi sehingga banyak disukai orang. Meskipun ia juga tabah dan pemberani tetapi hatinya keras.

Pangarasan pada weton ini adalah Lakuning Srengenge. Wataknya terang, berwibawa dan mencerahkan. Sedangkan Pancasuda, Tunggak Semi. Artinya, seperti pohon yang ditebang tetapi daunnya tumbuh lagi. Dengan demikian, keberuntungan pemilik weton ini rezeki selalu lumintu atau ada terus. Penghasilan maupun pekerjaannya biasanya selalu lancar.


Wuku Wugu, dilambangkan dengan dewa Bethara Singajalma, wataknya banyak akal, pandai, pengertian dan lapang dada. Gedungnya tertutup di belakang, bersifat agak sombong dan pelit. Pohonnya wuni, siapa saja yang melihat ingin makan, tetapi setelah makan malah menyacat dan kurang merasa percaya diri.

Burungnya kepodang, berwatak cemburuan, senang berkumpul dengan orang banyak, pandai bergaul. Bagaikan langit yang luas, luas wawasannya.

Bahayanya dengan teman sendiri. Hati-hatilah dengan ular dan teluh, ini amat mencelakakan. Kala ada di Selatan, selama tujuh hari di wuku ini jangan pergi ke arah Selatan untuk suatu hal yang sangat penting.

Pada hari Jum'at Pahing di wuku ini adalah hari yang baik untuk meminang, jika membuat sumur akan cepat keluar airnya, demikian pula jika bepergian akan membuat hati orang yang dituju merasa senang.

[Diasuh oleh Ki Totok Yasmiran, ahli penanggalan Jawa dari Museum Radya Pustaka Solo.
Bagi pembaca yang ingin berkonsultasi mengenai weton, hari baik dan semacamnya bisa mengirim email melalui: infojateng@detik.com]



Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)