wara wara

Ilustrasi detikcom Akan Dipamerkan Bersama Lukisan Jenderal-Profesor

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 23 Agu 2022 21:15 WIB
Poster pameran seni rupa dan workshop Kadonesia:BungkusBung! di TBJT Solo, 25-30 Agustus 2022.
Poster pameran seni rupa dan workshop Kadonesia:BungkusBung! di TBJT Solo, 25-30 Agustus 2022. Foto: dok: Panitia Kadonesia:BungkusBung!
Solo -

Dua ilustrasi detikcom akan ditampilkan bersama lukisan jenderal hingga para profesor dalam pameran seni rupa bertajuk Kadonesia: bungkusbung! di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Solo, 25-30 Agustus 2022.

Dihubungi detikJateng, ilustrator detikcom Edi Wahyono mengatakan dua karya ilustrasi itu ditayangkan dalam dua artikel di rubrik Intermeso detikX. Artikel pertama berjudul 'Perjalanan Rahasia Bung Hatta ke India' tayang pada 9 Maret 2022. Artikel kedua, 'Kisah dr Soetomo-Sukarno Berguru ke Eyang Santri', tayang pada 24 Juni 2022.

"Iya, semua karya ilustrasi saya. (Akan dipamerkan) Pakai media kanvas ukuran 80x80 centimeter. Karena memang setiap peserta dikasih space 180 centimeter," kata Edi Wahyono. Edi menambahkan, dua karya ilustrasi beserta seluruh konten dalam rubrik Intermeso detikX itu akan dicetak dalam kanvas.


Dua ilustrasi karya Edi Wiyono tersebut akan dipamerkan bersama lukisan 49 seniman dan 5 perupa tamu.

Lima perupa tamu itu Ir Indah Juanita MM (Dirut Badan Otoritas Borobudur), Prof Dr Phil Al Makin Sag, MA (Rektor UIN Sunan Kalijaga), Brigjen. Pol Prof Dr Chryshnanda Dwilaksana, M Si (Dirkamsel Korlantas Polri), Prof Dr Baiquni (Guru Besar UGM), dan Prof Dr Andrik Purwasito (Guru Besar UNS).

Dalam keterangan tertulisnya, pihak panitia pameran mengatakan ada lebih dari 200 karya seni yang akan dipamerkan dalam Kadonesia:bungkusbung! di TBJT Solo, Jalan Ir Sutami no 57, Jebres, Solo.

Pameran itu akan dibuka oleh Kepala Galeri Nasional Indonesia Drs Pustanto MM. Pembukaan pada Kamis, 25 Agustus 2022 pukul 19.30 WIB.

Para perupa itu dari berbagai kota, di antaranya Jogja, Solo, Jakarta, Denpasar, Tangerang, Surabaya, Magelang, dan lain-lain. Tema Kadonesia sengaja dipilih sebagai luapan rasa terdalam seniman untuk berkarya kreatif bagi Indonesia.

Pameran Kadonesia ini meneruskan sukses Kelompok GoArt dalam pameran sebelumnya. Pada Mei lalu, Bersama Forum Drawing Indonesia (FDI), kelompok ini menggelar pameran serentak di 7 lokasi.

"Harapan dan doa kami, Kadonesia bisa memberi kepuasan rohani bagi pengunjung. Sehingga tidak sekadar datang, melihat, tapi juga akan 'Bungkus Bung!' Kami ingin pameran ini menunjukkan semangat untuk kembali menggerakkan ekonomi kreatif pasca pandemi, " kata Pimpinan Produksi Teguh Prihadi.

Pengunjung juga bisa ikut terlibat berkarya lewat program Berkarya On The Spot (OTS) selama pameran berlangsung. Alat dan medianya silakan bawa sendiri. OTS dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (27-28/8/2022). Untuk mendaftar OTS, silakan hubungi Prihadi Mulyono (081392827998) atau Wasis Subroto (08122942287).



Simak Video "Potret Malam Affandi, Pameran 32 Tahun Kematian Sang Maestro Lukis"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)