Harga Pertamax Turun, Ini Harga BBM Terbaru di Jateng Oktober 2022

Harga Pertamax Turun, Ini Harga BBM Terbaru di Jateng Oktober 2022

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 06 Okt 2022 01:00 WIB
Ilustrasi SPBU
Ilustrasi SPBU. Foto: Dok. Pertamina
Solo -

PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk melakukan update harga bahan bakar minyak atau BBM per awal Oktober 2022. Ada beberapa jenis bahan bakar nonsubsidi yang berubah.

Adapun harga bahan bakar bersubsidi, yaitu pertalite dan solar, masih tetap sama seperti bulan sebelumnya.

Jenis BBM yang turun harga meliputi Pertamax (RON 92) dan Pertamax Turbo (RON 98). Sedangkan pengguna mesin diesel harus merogoh kocek lebih dalam lantaran harga Dexlite dan Pertamina Dex justru naik.


Perubahan harga tersebut berbeda di tiap-tiap wilayah.

Sedangkan harga BBM bersubsidi tidak berubah dan seragam di semua daerah, yaitu Pertalite dengan harga Rp 10.000 per liter dan solar Rp 6.800 per liter.

Penyesuaian harga BBM Umum ini dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Harga BBM di Jawa Tengah Oktober 2022

Dikutip dari laman resmi PT Pertamina, berikut ini harga BBM yang berlaku di Jawa Tengah per 1 Oktober 2022:

  • Solar Rp 6.800
  • Pertalite Rp 10.000
  • Pertamax Rp 13.900
  • Pertamax Turbo Rp 14.950
  • Dexlite Rp 17.800
  • Pertamina Dex Rp 18.100

Tips Menghemat BBM

Meski beberapa jenis BBM nonsubsidi harganya telah turun, namun tidak ada salahnya kita tetap berusaha agar kendaraan menjadi lebih hemat bahan bakar.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kendaraan bisa semakin hemat BBM. Selain kondisi mesin, gaya berkendara juga sangat berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar.

Dikutip dari detikOto, ada tips dalam berkendara agar kendaraan kita semakin irit.

Memaksa mesin berjalan dengan putaran tinggi dapat menyebabkan kendaraan boros bahan bakar. Untuk itu pengendara perlu memindah gigi atau transmisi di saat yang tepat.

Selain itu, kunci konsumsi bahan bakar ada di kaki anda. Memainkan gas dan rem secara lembut bisa membuat mesin lebih hemat bahan bakar.

Sebaliknya, melakukan akselerasi cepat dengan menginjak gas dalam-dalam akan membuat mesin haus bahan bakar.

Tips lain adalah mematikan mesin kendaraan saat kita berhenti lebih dari 10 menit. Membiarkan mesin tetap hidup, apalagi ditambah AC, tentu akan membuat mesin boros BBM.



Simak Video "Simak Daftar Harga Terbaru BBM di SPBU"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/dil)