Libur Waisak, Penumpang di Bandara YIA Tembus 11 Ribu Orang

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Senin, 16 Mei 2022 12:38 WIB
Penumpang antre di konter check in di Yogyakarta International Airport (YIA), Senin (16/5/2022).
Penumpang antre di konter check in di Yogyakarta International Airport (YIA), Senin (16/5/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng
Kulon Progo -

Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipadati penumpang pada libur Waisak, hari ini. Para penumpang merupakan wisatawan dan pemudik yang tiba maupun bertolak ke berbagai daerah di Indonesia.

Otoritas bandara mencatat total jumlah penumpang di YIA hingga siang ini menembus angka 11.000 orang. Rinciannya 5.368 penumpang kedatangan dan 5.632 penumpang keberangkatan. Mereka dilayani oleh 65 penerbangan, termasuk 6 penerbangan tambahan.

Airport Operation Center Head (AOCH) Budi Wiyono menerangkan jumlah penumpang ini sebenarnya cenderung turun dibandingkan hari sebelumnya. Kendati demikian jumlah masih tergolong sangat tinggi bagi YIA, yang biasanya hanya melayani sekitar 5.000-6.000 penumpang per hari.

"Untuk arus hari ini kami perkirakan ada 11.000-an, itu berdasarkan pembukuan. Kalau dibandingkan kemarin (Minggu) itu ada 11.600 sekian. Itu ada penurunan sekitar 5 persen, tapi itu hanya perkiraan belum realisasi. Angka ini termasuk tinggi selama YIA beroperasi," ucap Budi saat ditemui di terminal keberangkatan YIA, Senin (16/5/2022).

Budi menyebut jumlah penumpang kali ini jika dibandingkan dengan tahun lalu meningkat tajam. Prosentase kenaikannya menembus 5.000 persen untuk jumlah penumpang, dan 1.500 persen untuk jumlah penerbangan.

"Kalau dibandingkan dengan tanggal dan bulan yang sama dari tahun 2021 kenaikannya sangat signifikan. Untuk penerbangan sendiri kenaikannya ada sekitar 1.500 persen, untuk penumpang ada sekitar 5.000-an persen kenaikannya," ujarnya.

Budi mengatakan masih tingginya jumlah penumpang disebabkan karena adanya libur panjang akhir pekan yang berdekatan dengan momen cuti bersama Idul Fitri. Ditambah, ada kebijakan WFH bagi para ASN.

"Prediksi kami masih tinggi karena ini long weekend yang berdekatan dengan cuti bersama Idul Fitri, terus kemarin kan PNS ada kebijakan untuk WFH, ada kemungkinan juga penundaan untuk pulang ke Jakarta atau daerah masing-masing, sekalian WFH dan menghindari kemacetan, kalau macet di jalan yang WFH itu lebih memilih naik pesawat," kata Budi.

"Dan hari Senin ini adalah hari terakhir untuk libur Waisak ini ya. Jadi beberapa anak sekolah anak kuliah sudah kembali ke kampusnya masing-masing," sambungnya.

Budi memprediksi jumlah penumpang akan mulai turun pada Selasa (17/5). Alasannya karena pada Selasa besok para ASN sudah harus kembali bekerja.

"Kami prediksi besok ada penurunan karena besok sudah masuk hari kerja jadi orang-orang yang harus masuk hari Selasa sudah kembali ke daerahnya masing-masing," ucapnya.

Sementara itu salah satu calon penumpang, Bagus Mugi (25) mengaku hendak bertolak ke Balikpapan. Sebelumnya ia menghabiskan waktu 3 hari untuk liburan di Jogja.

"Saya di sini liburan mas, liburan ke Jogja sejak Jumat lalu, dan ini mau balik ke Balikpapan," ucap Bagus.

Bagus mengatakan kondisi YIA hari ini tergolong ramai penumpang. Keramaian paling terlihat di konter check in. Hal itu membuatnya harus mengantre cukup lama ketika hendak mengurus tiket keberangkatan.

"Tadi sempet ngantri lumayan panjang, mungkin karena liburnya panjang, jadi orang pada balik hari ini, jadi lumayan ramai bandaranya," ujarnya.



Simak Video "Bandara YIA Diprediksi Masih Padat Penumpang hingga Pekan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)