Konferensi Internasional Perguruan Tinggi Buddha di Borobudur, Ini Jadwalnya

Konferensi Internasional Perguruan Tinggi Buddha di Borobudur, Ini Jadwalnya

Eko Susanto - detikJateng
Rabu, 16 Nov 2022 17:56 WIB
Dirjen Bimas Buddha Kemenag Supriyadi di Magelang, Rabu (16/11/2022).
Dirjen Bimas Buddha Kemenag Supriyadi di Magelang, Rabu (16/11/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng
Magelang -

Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Buddha Indonesia (APTABI) bakal menggelar Konferensi Internasional di Candi Borobudur, Magelang. Konferensi Internasional tersebut akan berlangsung Jumat (18/11) sampai Minggu (20/11).

Konferensi Internasional tersebut mengambil tema 'Encountering the sacred: Borobudur as A Site of Pilgrimage and Tourism for the Buddhist World'. Dalam konferensi yang digelar APTABI bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama ini akan dihadiri perwakilan 10 negara dan ratusan peserta.

"Sebagai rangkaian atas pemenuhan nota kesepahaman empat menteri, dua gubernur selain kegiatan (pertemuan pemuda-pemudi Buddha) juga kegiatan International Buddhist Conference Indonesia. Ini akan dihadiri kurang lebih 10 negara dan partisipan dari luar negeri sekitar 20 orang serta peserta kita sekitar 300, 400 orang dilaksanakan di Bukit Dagi," kata Dirjen Bimas Buddha Kemenag, Supriyadi, kepada wartawan di sela-sela menghadiri pertemuan pemuda-pemudi Buddha di Puri Asri Hotel Magelang, Rabu (16/11/2022).


Konferensi Internasional tersebut, kata Supriyadi, pernah dilakukan tahun 2016 dengan melibatkan 24 negara dan dilaksanakan di Candi Borobudur. Sedangkan sekarang akan dihadiri 10 negara antara lain Sri Lanka, Thailand, Myanmar dan negara lainnya.

"Ini juga bagian kita untuk menyuarakan bahwa Indonesia, melalui Borobudur bisa belajar tentang pendidikan, spiritualitas akan memberikan nilai-nilai pada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia," ujarnya.

"Intinya bagaimana mendapatkan spiritualitas Borobudur sebagai pusat, sebagai warisan budaya dunia," tuturnya.

Sementara itu, hari ini ratusan pemuda-pemudi Buddha yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia melakukan pertemuan di Kota Magelang. Pertemuan tersebut dilakukan salah satunya bertujuan untuk mewujudkan peran pemuda dalam kerukunan hidup beragama.

Pertemuan tersebut berlangsung mulai Rabu (16/11) sampai Jumat (18/11). Rangkaian pertemuan berlangsung di Puri Asri Hotel Magelang dan di Candi Borobudur.

"Hari ini kita laksanakan yang kedua kali dengan melibatkan 34 provinsi, masing-masing tujuh orang dan ditambah melibatkan pemuda lintas agama di Kabupaten Magelang sejumlah 50 orang," kata Supriyadi.

Pertemuan pemuda-pemudi Buddha, katanya, sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk membangun kebersamaan di antara para pemuda. Di mana hal ini bukan hanya pemuda umat Buddha semata, melainkan melibatkan komunitas pemuda lainnya.



Simak Video "Pengunjung Pertama Candi Borobudur Tahun 2023 Disambut Dua Gajah Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)