Kemenkumham Buka Peluang Non-PNS Jabat Dirjen Imigrasi

Nasional

Kemenkumham Buka Peluang Non-PNS Jabat Dirjen Imigrasi

Tim detikNews - detikJateng
Jumat, 30 Sep 2022 09:40 WIB
Kantor Dirjen Imigrasi/Foto: Istimewa
Foto: Kantor Dirjen Imigrasi/Foto: Istimewa
Solo -

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali membuka seleksi terbuka untuk jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi. Kali ini, lelang jabatan dibuka khusus untuk kalangan non-Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Padahal Dirjen Imigrasi sudah melakukan lelang terbuka bagi kalangan PNS di pusat maupun daerah, prajurit TNI, hingga anggota Polri. Dari lelang tersebut sudah ada 10 nama yang lolos. Namun tiba-tiba lelang jabatan untuk non-PNS itu dibuka.

"Dari kalangan PNS itu kan sudah berjalan tahapannya, ini dibuka satu lagi untuk non-PNS. Nanti sama-sama diseleksi kemudian disodorkan, dipilih lagi mana yang akan jadi (Dirjen Imigrasi)," kata Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal Kemenkumham Hantor Situmorang, dikutip dari detikNews, Jumat (30/9/2022).


Pengumuman seleksi tahap 2 itu tertuang dalam surat nomor SEK-KP.03.03-671. Surat ditandatangani oleh Sekjen Kemenkumham Andap Budhi Revianto selaku Ketua Panitia Seleksi.

"Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemenkumham, bagi kalangan non-PNS yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka," tulis surat pengumuman tersebut.

Seleksi terbuka ini dilakukan dalam enam tahapan. Dimulai dengan tahapan pengumuman pada 27 September 2022. Lalu, tahapan pendaftaran dibuka dari 27 September-11 Oktober 2022.

Tahapan berikutnya yaitu pengumuman hasil seleksi administrasi 13 Oktober 2022, seleksi kompetensi bidang (penulisan makalah) 17 Oktober 2022, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural (asesmen) 18-20 Oktober 2022, dan ditutup dengan tahapan wawancara 7 November 2022.

Diketahui, selama ini jabatan Dirjen Imigrasi selalu diisi oleh PNS/TNI/Polri. Sebab, berdasarkan UU Imigrasi, Direktorat Jenderal itu memiliki fungsi strategis.

Salah satunya adalah peran intelijen yaitu intelijen keimigrasian berupa kegiatan penyelidikan Keimigrasian dan pengamanan Keimigrasian dalam rangka proses penyajian informasi melalui analisis guna menetapkan perkiraan keadaan Keimigrasian yang dihadapi atau yang akan dihadapi.



Simak Video "Amarah Plt Dirjen Imigrasi ke Bank di Gerai VoA Saat Sidak Bandara Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)