Tampung Aspirasi, Ganjar Minta Ada Penerbangan Direct ke Nias

Tampung Aspirasi, Ganjar Minta Ada Penerbangan Direct ke Nias

Yudistira Perdana Imandiar - detikJateng
Senin, 26 Sep 2022 12:05 WIB
Ganjar Pranowo
Foto: dok. Pemprov Jateng
Jakarta -

Ketua Umum Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) sekaligus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah dan perusahaan penerbangan untuk membuka kembali rute penerbangan direct atau langsung menuju Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Ia menekankan akses transportasi merupakan faktor penting untuk menggerakkan pariwisata daerah.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menerima aspirasi dari anggota Pengurus Cabang (Pengcab) KAGAMA Kabupaten Nias Selatan di Hotel Kaliki, Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Minggu (25/9).

"Wisatanya bagus, keindahannya bagus kayanya problemnya sama kaya yang lain di daerah remote area yaitu penerbangan yang tidak bisa intens, rutin gitu ya. Dulu ada direct dari Jakarta tapi hari ini tidak ada lagi. Maka ini jadi aspirasi mereka," kata Ganjar dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (26/9/2022).


Ganjar menyatakan dirinya akan menyampaikan aspirasi itu ke sejumlah menteri dan perusahaan penerbangan. Di sisi lain, ia menggarisbawahi untuk merealisasikan rencana tersebut, pemerintah daerah, khususnya dinas pariwisata mesti memperhitungkan jadwal penerbangan dari dan menuju Kepulauan Nias untuk meyakinkan perusahaan penerbangan.

"Sebagai Ketua Umum KAGAMA saya juga bisa komunikasi dengan beberapa menteri dan perusahaan penerbangan agar ada lagi penerbangan direct yang ke sini," ungkap Ganjar.

"Tinggal dihitung aja apakah seminggu 2-3 kali, syukur-syukur setiap hari. Kalo memang marketnya bagus, dugaan saya akan bisa meningkatkan kembali wisata yang ada di sini," imbuhnya.

Ganjar pun mendorong Pengurus Cabang KAGAMA Nias untuk lebih sering berjejaring dan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) guna menyampaikan program kerja di daerahnya.

"Sehingga diharapkan kawan-kawan KAGAMA di Nias bisa duduk bareng dan membantu berjejaring dengan KAGAMA Pusat dan UGM," sebut Ganjar.



Simak Video "Ganjar Jawab Isu Dilarang ke Luar Jateng: Boleh Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)