Meriah! Jalan di Tegal Ini Dipayungi Bendera Merah Putih Sepanjang 150 Meter

Imam Suripto - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 17:37 WIB
Bendera merah putih sepanjang 150 meter payungi jalan permukiman di Kabupaten Tegal, Selasa (16/8/2022).
Bendera merah putih sepanjang 150 meter payungi jalan permukiman di Kabupaten Tegal, Selasa (16/8/2022). Foto: Imam Suripto/detikJateng
Kab Tegal -

Sebuah jalan di kawasan permukiman di Desa Pekauman Kulon, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dipayungi bendera merah putih pada bagian atasnya. Bendera sepanjang 150 meter ini dibuat atas patungan warga untuk menyemarakkan HUT ke-77 RI.

Bendera merah putih dipasang warga di Gang Lontrong 15 dengan panjang mencapai 150 meter dan lebar dua meter. Dengan pemasangan ini, siapa pun yang melintas di jalan pun seperti dipayungi bendera dari terik matahari.

Salah satu warga Pekauman Kulon, Ahmad Muzaki (51), mengatakan pemasangan bendera merah putih dilakukan secara swadaya. Mulai dari membeli kain sampai pemasangan bendera.


"Pemasangan bendera ini murni swadaya secara gotong royong. Kalau untuk pemasangan dilakukan sejak Kamis lalu," ungkap Muzaki, Selasa (16/8/2022).

Bendera merah putih sepanjang 150 meter payungi jalan permukiman di Kabupaten Tegal, Selasa (16/8/2022).Bendera merah putih sepanjang 150 meter payungi jalan permukiman di Kabupaten Tegal, Selasa (16/8/2022). Foto: Imam Suripto/detikJateng



Dibutuhkan waktu selama tujuh hari untuk proses membuat hingga memasang bendera. Adapun pemasangannya berlangsung satu hari.

"Rencananya, akan kami tambah dengan pemasangan lampu hias, agar lebih meriah saat malam," lanjutnya.

Pemasangan bendera merah putih tersebut merupakan inisiatif dari warga. Warga kemudian bergotong royong mewujudkan ide itu.

"Kami manfaatkan momentum ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan semangat warga menyambut HUT Kemerdekaan dan sekaligus mempererat silaturahmi antarwarga," pungkasnya.



Simak Video "Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Bukit Klangon Merapi"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)