Dinkes Pastikan Pasien Suspek Cacar Monyet di Jateng Bukan dari Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Kamis, 04 Agu 2022 16:48 WIB
Sudah ada cacar monyet atau monkeypox di Indonesia?
Cacar monyet (Foto: infografis detikHealth)
Semarang -

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam menyebut belum ada pasien suspek maupun positif cacar monyet atau monkeypox di Kota Semarang. Hal itu terkait kabar adanya kasus suspek cacar monyet di Jawa Tengah.

"Untuk cacar monyet alhamdulillah di Kota Semarang belum ada kasus baik yang suspek ataupun terdiagnosa," kata Hakam di kantornya, Kamis (4/8/2022).

Dalam sejumlah kabar pihak Kemenkes menyebut pasien suspek itu dirawat di RSUP Dr Kariadi, Semarang. Ditanya soal itu Hakam menjelaskan belum ada laporan yang masuk.


"Belum, belum ada laporannya," ujarnya.

Meski demikian di Kota Semarang memang pernah ada pasien yang diduga suspek cacar monyet, namun setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium hasilnya negatif.

"1,5 bulan yang lalu kita dapati, tapi setelah kita periksa di Balitbangkes hasilnya negatif," jelas Hakam.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yunita, baru memberikan informasi terkait kondisi pasien di Jawa Tengah itu sudah makin membaik dan keadaannya juga stabil.

"Membaik, stabil," ujarnya singkat lewat WhatsApp.

Hasil Tes PCR Pasien Suspek Negatif

Terpisah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan salah satu warganya yang suspek cacar monyet itu dilakukan tes PCR dan hasilnya negatif.

"Kemarin terindikasi satu (bergejala cacar monyet), tadi hasil PCR-nya negatif," kata Ganjar Pranowo diwawancarai di sela-sela menghadiri acara Rawat Ruwat Patirtan di Sendang Pitu, Desa Cabean Kunti, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Kamis (4/8).

Ganjar meminta masyarakat waspada dan langsung periksa jika sakit. Terkait pencegahan cacar monyet, Ganjar berharap pintu-pintu masuk Indonesia harus ketat pemeriksaannya. Orang-orang dari luar negeri diperiksa kondisi kesehatannya sehingga indikasi awalnya bisa dideteksi.

"Saya berharap semua, karena ini (cacar monyet) tidak dari Indonesia ya, tetap saja pintu-pintu masuk Indonesia tetap harus ketat. Kita belum, kita minta nanti Kementerian Kesehatan memberikan briefing kepada siapa pun yang penjaga pintu-pintu untuk bisa melakukan pengecekan menggunakan peralatan. Sehingga indikasi awalnya bisa diketahui," tandasnya.



Simak Video "Spanyol Laporkan Penurunan Kasus Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)