Mahasiswa Unnes Borong Medali di Ajang Olahraga Internasional

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Rabu, 03 Agu 2022 10:06 WIB
Atifa Fismawati, mahasiswi Unnes peraih medali emas dalam ajang 19th World Pencak Silat Championship 2022 di Malaysia.
Atifa Fismawati (jilbab hitam), mahasiswi Unnes peraih medali emas dalam ajang 19th World Pencak Silat Championship 2022 di Malaysia. Foto: Dok Unnes
Semarang -

Kontingen mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) memborong medali di dua ajang olahraga internasional. Medali itu diperoleh dari cabang olahraga (cabor) atletik, panahan, hingga pencak silat.

Untuk atletik, ada Arifianto Firmansyah dan Atina Nurkamila Intan Bahtiar yang meraih 3 medali dalam Kompetisi ASEAN University Games 2022 di Thailand.

Arifianto berhasil menyumbangkan medali perak nomor lompat jangkit dan medali perunggu nomor lompat jauh. Sedangkan Atina berhasil membawa medali perak nomor lempar lembing.


Masih di ajang yang sama, tiga medali emas dan satu perak dibawa atlet Unnes di cabang olahraga panahan. Para atlet yaitu Hendika Pratama Putra dan Alviyanyo Bagas Prastyadi yang merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes.

Untuk Hendika berhasil meraih medali emas cabang olahraga panahan kategori Elimination Individual Compound Men, Elimination Mixed Team Compound dan Elimination Men Compound Team.

Sedangkan Alviyanyo Bagas Prastyadi berhasil meraih medali perak pada cabor panahan kategori Elimination Individual Recurve Men.

Beralih ke Malaysia, di ajang 19th World Pencak Silat Championship 2022, mahasiswa Unnes menyabet dua medali emas. Mereka adalah Safira Dwi Meilani mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) dan Atifa Fismawati mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Fakultas Ilmu keolahragaan (FIK) Unnes.

Safira mendapatkan medali emas setelah berhasil mengalahkan pesilat asal Vietnam Nguyen Thai Mai Lan di babak final pada nomor tanding kelas B. Sedangkan Sedangkan Atifa Fismawati berhasil meraih medali emas saat menumbangkan atlet tuan rumah Malaysia, Siti Khazwana.

"Unnes bangga kepada atlet yang memiliki semangat tinggi dan berhasil membuktikan meraih medali untuk Indonesia. Saya yakin hasil ini membuktikan bahwa mahasiswa Unnes sudah diperhitungkan di tingkat Internasional," kata Rektor Unnes, Fathur Rokhman dalam keterangannya yang dikutip detikJateng, Rabu (3/8/2022).

Ia menjelaskan Unnes mendukung para mahasiswa yang berprestasi. Untuk para atlet yang sudah mengharumkan nama Indonesia tersebut berkesempatan mendapatkan beasiswa S2.

"Kita berikan dukungan agar mahasiswa memperoleh prestasi di kancah kejuaraan International. Kami akan berikan bantuan beasiswa bagi yang prestasi dan kita dorong untuk lanjut S2. Prestasi Internasional menjadi kebanggaan Unnes dan bangsa Indonesia," tegasnya.



Simak Video "Demo Sempat Ricuh, Mahasiswa: Kami Dipukul dan Diancam"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)