PPKM Terbaru di Jawa-Bali: Seluruh Daerah di Jateng-DIY Level 1

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 02 Agu 2022 09:31 WIB
Inmendagri Nomor 35 Tahun 2022 mengatur sejumlah kebijakan PPKM level 1. Inmendagri terbaru ini berlaku untuk PPKM wilayah Jawa-Bali.
Ilustrasi PPKM. Foto: Infografis detikcom/Denny
Solo -

Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri kembali mengeluarkan instruksi baru mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada Kondisi Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam instruksi yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian itu, seluruh daerah di Jawa-Bali, termasuk Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk dalam PPKM Level 1.

Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2022 untuk pelaksanaan PPKM di Jawa dan Bali yang berlaku mulai tanggal 2 hingga 15 Agustus 2022


Dengan demikian, seluruh wilayah di Jateng dan DIY, pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 100% Work From Office (WFO) bagi pegawai yang sudah divaksin. Pegawai juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

Adapun pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial perbankan dan lembaga keuangan dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 100% staf untuk lokasi yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat, serta 75% untuk pelayanan administrasi perkantoran guna mendukung operasional.

Supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dengan kapasitas pengunjung 100%.

Dalam aturan itu juga disebutkan bahwa kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 100% (seratus persen) dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.



Simak Video "Jawaban Kemenkes dan Satgas Covid-19 soal Kapan PPKM Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)