Hii! Ular Piton 3 Meter Ditemukan Warga Klaten Saat Ronda Malam 1 Suro

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Sabtu, 30 Jul 2022 18:36 WIB
Anggota Polsek Karanganom dan relawan mengevakuasi ular piton, Klaten, Sabtu (30/7/2022).
Anggota Polsek Karanganom dan relawan mengevakuasi ular piton, Klaten, Sabtu (30/7/2022). Foto: dok. Bhabinkamtibmas Desa Soropaten Bripka Eriko Wayan
Klaten -

Ular piton sepanjang lebih dari 3 meter diamankan warga Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah. Ular tersebut terpergok warga yang sedang ronda jaga malam keliling kampung, yang kebetulan bertepatan malam 1 Suro.

"Ular terlihat warga yang sedang ronda keamanan lingkungan. Jadi ronda malam biasa, bukan tirakatan Suro," kata Bhabinkamtibmas Desa Soropaten, Bripka Eriko Wayan kepada detikJateng, Sabtu (30/7/2022).

Diceritakan Eriko, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi warga ronda malam keliling kampung melintas dekat sungai. Sungai tersebut berbatasan dengan Desa Puluhan, Kecamatan Jatinom.


"Ular melintas di sungai mengarah ke Desa Soropaten. Oleh warga yang ronda, salah satunya anggota Polsek Aipda Agus Wibowo ular diamankan digiring ke kandang dan diamankan di rumah Aipda Agus," jelas Eriko.

Anggota Polsek Karanganom dan relawan mengevakuasi ular piton, Klaten, Sabtu (30/7/2022).Anggota Polsek Karanganom dan relawan mengevakuasi ular piton, Klaten, Sabtu (30/7/2022). Foto: dok. Bhabinkamtibmas Desa Soropaten Bripka Eriko Wayan

Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek. Selanjutnya regu jaga Polsek Karanganom, dia bersama Aipda Agus Wibowo dan Aiptu Tri Agung, mengecek lokasi.

"Kita cek lokasi untuk evakuasi ular. Kita minta bantuan relawan yang sudah terbiasa dengan ular dari Exalos," ujarnya.

Ular siang harinya bisa dievakuasi dari rumah Aipda Agus Wibowo oleh relawan Exalos. Ular tersebut akan dilepasliarkan ke lokasi yang jauh dari permukiman penduduk.

"Diambil relawan untuk dilepaskan lagi jauh dari permukiman," imbuh Eriko.

Terpisah, relawan Exalos, Raditya Bolang, mengatakan ular piton itu panjangnya lebih dari 3 meter. Ular masih beringas dan ada luka di tubuhnya.

"Ular beringas dan ada luka lama di tubuhnya. Panjang 3 meter lebih dan sudah cukup dewasa dengan jenis piton," terang Raditya saat dimintai konfirmasi detikJateng.



Simak Video "Petugas Evakuasi Ular Piton Sepanjang 4,5 Meter di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/rih)