Penyakit Saraf Kejepit Ternyata Bisa Dicegah dengan 5 Tanaman Ini

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 22 Jul 2022 05:00 WIB
Back view of young woman touch neck suffer from sudden muscular spasm at workplace, unwell millennial female worker massage upper back having backache or pinched nerves sitting in incorrect posture
Ilustrasi penyakit saraf kejepit. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Solo -

Penyakit saraf kejepit menyebabkan sutradara dan produser film ternama Hanung Bramantyo harus dioperasi pada Januari 2022. Dua bulan kemudian, Maret 2022, giliran selebritis Raffi Ahmad yang menjalani operasi juga karena saraf kejepit. Sebelum parah, saraf kejepit ternyata bisa diatasi dengan 5 tanaman ini.

Serba-serbi Penyakit Saraf Kejepit

Dikutip dari laman resmi Eka Hospital, penyakit syaraf kejepit atau HNP (Herniated Nucleus Pulposus) umumnya ditandai dengan kondisi saraf yang tertekan atau terjepit oleh bagian sekitarnya.

Gejala penyakit saraf kejepit di antaranya sering merasakan nyeri hebat seperti tertusuk jarum di area tulang belakang dan leher. Dan, nyeri di punggung atau leher itu semakin sakit ketika untuk meregangkan otot dan memutar kepala.


Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit saraf kejepit. Dua antaranya adalah faktor genetik, faktor usia, dan terlalu sering duduk sampai berjam-jam.

Dikutip dari laman resmi Flex-free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic, jika penyakit saraf kejepit yang dirasakan masih tergolong ringan, kamu bisa mencoba ramuan dari 5 tanaman ini.

5 Tanaman Obat Penyakit Saraf Kejepit

1. Daun Alpukat

Daun alpukat selama ini dikenal untuk mengobati penyakit batu ginjal. Ternyata, daun alpukat juga berkhasiat meredakan nyeri akibat penyakit saraf kejepit, terutama di punggung, leher, kaki, dan pinggang.

Caranya, ambil segenggam daun alpukat lalu cuci sampai bersih. Kemudian, rebus seluruh daun alpukat itu dengan empat gelas air. Setelah disaring, minum ramuan itu segelas per hari.

2. Daun Sirsak

Selain dikenal untuk mengobati segala jenis kanker, daun sirsak juga terbilang manjur untuk mengatasi penyakit saraf kejepit. Caranya, ambil tujuh daun sirsak yang sudah cukup umur lalu dicuci bersih.

Kemudian, rebus daun itu dalam tiga gelas air sampai tinggal menyisakan segelas air. Setelah disaring ramuan itu dan minum tiap pagi dan sore.

3. Daun Pandan

Daun pandan tak hanya untuk pengharum makanan dan minuman, tapi juga efektif untuk mengobati penyakit saraf kejepit. Caranya, ambil lima daun pandan lalu dicuci bersih sambil diremas.

Kemudian, rebus daun pandan itu dalam 300 ml air selama 15 menit dan sampai mendidih. Setelah disaring, silakan minum ramuan itu tiap pagi dan sore.

4. Daun Bakung

Daun bakung sering digunakan untuk mengobati patah tulang, bengkak, dan terkilir. Ternyata, daun bakung juga dapat untuk menyembuhkan penyakit saraf kejepit. Cara membuat ramuannya sama seperti untuk menangani patah tulang dan terkilir, yaitu ambil selembar daun bakung kemudian cuci sampai bersih.

Selanjutnya, panggang daun itu di atas api kecil sampai layu. Kemudian, oleskan minyak kelapa secara merata. Lalu tempelkan ke bagian tubuh yang terasa nyeri karena penyakit saraf kejepit.

5.Kencur

Menurut laman resmi Flex-free, kencur mempunyai efek anti nyeri dan anti radang. Maka itu, kencur termasuk herba yang disarankan untuk mengobati penyakit saraf kejepit.

Caranya, kamu bisa mengonsumsi kencur dalam bentuk jamu atau suplemen. Tapi jangan berlebihan ya, apalagi jika sedang mempunyai penyakit tertentu dan sedang menjalani perawatan.

Ingat, ramuan dari lima herba di atas hanya untuk penyakit saraf kejepit yang masih tergolong ringan. Jika nyeri yang kamu rasakan sudah termasuk parah, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Jika kamu termasuk penderita penyakit saraf kejepit, Flex-free Clinic menyarankan agar segera menemui Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR) yang menguasai ilmu kinesiologi atau ilmu tentang sistem gerak pada manusia. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Ahli Ungkap Manfaat Ganja Medis untuk Penyakit Saraf"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)