Kesehatan

5 Cara Atasi Hidung Tersumbat Secara Alami dan Sederhana

Tim detikHealth - detikJateng
Kamis, 21 Jul 2022 01:01 WIB
ilustrasi flu
Ilustrasi. Foto: shutterstock
Solo -

Hidung tersumbat karena flu memang menjengkelkan. Lendir menyumbat saluran di hidung itu membuat aktivitas menjadi terganggu. Bahkan orang yang menderita hidung tersumbat menjadi susah untuk tidur.

Padahal, orang yang terkena flu disarankan untuk banyak istirahat agar tubuhnya segera pulih. Tubuh yang lelah karena kurang tidur bisa membuat flu semakin berat.

Namun, tidak perlu khawatir, dengan penanganan yang tepat sebenarnya hidung tersumbat bisa diatasi, bahkan tanpa memerlukan obat.


Dikutip dari detikHealth, berikut ini cara alami dan sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi hidung tersumbat, baik karena flu ataupun sebab yang lainnya, misalnya alergi.

1. Banyak Minum Air Putih

Saat terkena flu, sebaiknya kita tetap minum air putih yang banyak. Hal itu perlu dilakukan agar tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.

Konsumsi cairan yang cukup bisa membuat lendir atau mukus menjadi lebih encer sehingga hidung tidak tersumbat. Selain itu, mukus juga lebih mudah untuk dikeluarkan.

2. Minum Air Hangat

Mandi air hangat mampu mengatasi hidung yang tersumbat. Pasalnya, uap yang dihasilkan dari air hangat tersebut dapat mengencerkan lendir yang tersumbat di dalam hidung.

Sambil mandi air hangat, kamu dapat mencoba mengambil napas panjang untuk melegakan hidungmu.

3. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Cabai mengandung sebuah zat yang bernama capsaicin. Zat tersebut memiliki efek mengencerkan lendir di hidung.

Bahkan, saat kamu sedang sehat dan tidak terkena flu, produksi lendir di hidung bisa meningkat saat makan makanan yang pedas.

4. Mengkonsumsi Minuman Hangat

Minum minuman hangat juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat. Cobalah membuat minuman teh hangat di rumah saat mengalami gangguan hidung tersumbat.

Kamu juga bisa membuat minuman jahe hangat yang dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Makan Sup Ayam

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sup ayam kemungkinan memiliki manfaat sebagai obat dan antiinflamasi untuk membantu meredakan hidung tersumbat.

Dikutip dari Medical News Today, kaldu panas dari sup ayam membantu melonggarkan lendir yang tersumbat di dalam hidung.



Simak Video "'Flu Perut', Penyakit yang Tak Ada Hubungannya dengan Virus Influenza"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)