Hukum Menggelar Pesta Pernikahan dalam Agama Islam

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 05 Jul 2022 03:00 WIB
Pernikahan dan buku nikah. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi pernikahan. Foto: Dikhy Sasra
Solo -

Pemerintah selama beberapa waktu terakhir telah melonggarkan beberapa pembatasan yang diterapkan terkait dengan pandemi COVID-19. Salah satu yang mulai dilonggarkan adalah perhelatan pesta pernikahan.

Dampaknya, saat ini banyak masyarakat yang mulai menggelar kegiatan pesta pernikahan dengan besar-besaran. Gedung pertemuan ramai dipesan terutama pada akhir pekan.

Sebenarnya, seberapa pentingkah acara pesta pernikahan itu? Apa hukum menggelar pesta resepsi pernikahan atau walimatul ursy dalam agama Islam?


Dikutip dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia, dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersama sahabat saling bergotong royong membantu orang yang menggelar pernikahan.

Hal tersebut juga terjadi saat Rasulullah SAW menikahi Shafiyah binti Huyay. Rasulullah memerintahkan sahabat untuk membawa makanan yang dimiliki dan melakukan perjamuan.

Riwayat itu tertulis dalam sebuah hadis sahih yang diriwayatkan Imam al-Bukhari dan Imam Muslim dari sahabat Anas bin Malik RA.

Dalam hadis tersebut Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ كَانَ عِنْدَهُ شَيْءٌ فَلْيَجِئْ بِهِ

"Siapa saja dari kalian yang memiliki sesuatu hendaklah dia bawa kemari."

Menurut Anas bin Malik, para sahabat lantas berdatangan dengan membawa susu kering/keju, ada yang membawa kurma dan ada pula yang membawa minyak samin.

Rasulullah kemudian membentangkan tikar dari kulit dan selanjutnya menggelar jamuan pernikahan.

Imam an-Nawawi menjelaskan dalam kitabnya al-Minhaj Syarh Shahih Muslim, bahwa hadis ini menjadi dalil anjuran bagi para teman atau tetangga pengantin untuk saling membantu dalam menyelenggarakan walimah.

Adapun jumhur ulama mengatakan bahwa hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan.

Adapun tujuan diadakannya walimah sendiri yaitu untuk mengumumkan pernikahan kepada khalayak, bersyukur atas nikmat pernikahan, dan berbagi kebahagiaan kepada para tamu undangan.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)