Dipadati Warga, Begini Meriahnya Kirab Pamitan Taruna Akmil Magelang

Eko Susanto - detikJateng
Sabtu, 02 Jul 2022 19:13 WIB
Suasana jalannya kirab Taruna Akademi Militer (Akmil) di Kota Magelang.
Suasana jalannya kirab Taruna Akademi Militer (Akmil) di Kota Magelang. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Ratusan warga memadati kirab Taruna Akademi Militer (Akmil) tingkat IV di Kota Magelang, Sabtu (2/7/2022). Kirab tradisi pamitan ini terasa begitu meriah setelah sempat dua tahun absen karena pandemi.

Kirab pamitan ini bertajuk 'Kirab Taruna TK IV dalam rangka tradisi korps Taruna Akmil bersama warga Kota Magelang tahun 2022'. Di depan panggung utama di Alun-Alun Kota Magelang, para taruna memberikan hormat kepada para tamu undangan yang hadir.

Kirab mengambil start dari Alun-Alun Kota Magelang dengan berjalan kaki menyusuri Jalan Pemuda (pecinan Kota Magelang) hingga Jalan Tidar dan finish di Akmil Magelang.


Sepanjang rute yang dilalui, ratusan warga menyambut dan menyaksikan kirab tersebut. Terlebih kirab dimeriahkan dengan Drumband Genderang Seruling Canka Lokananta (GSCL) Akmil Magelang.

Dalam kirab ini diikuti 287 taruna yang telah menyelesaikan pendidikan. Dari 278 Taruna tersebut, 18 di antaranya Taruni yang nantinya mereka semua akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, pada, Selasa (14/7). Selain itu, juga diikuti pula Taruna dari Tingkat I, II dan III.

Suasana jalannya kirab Taruna Akademi Militer (Akmil) di Kota Magelang.Suasana jalannya kirab Taruna Akademi Militer (Akmil) di Kota Magelang. Foto: Eko Susanto/detikcom

Gubernur Akmil Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko mengatakan, ini merupakan rangkaian tradisi korps Taruna Tingkat IV. Kirab ini dilangsungkan setiap tahunnya setelah selesai menempuh pendidikan. Pamitan ini digelar untuk menyapa warga Magelang dan memohon doa restu sehingga nantinya menjadi perwira bisa lancar.

"Ini (kirab) rangkaiannya tradisi korps Taruna Tingkat IV. Dimana sebetulnya setiap tahun kalau Taruna itu sudah ditutup pendidikannya dan akan mengikuti upacara pelantikan perwira. Itu pamitannya diadakan pamitan seperti ini. Jadi untuk apa, untuk menyapa masyarakat Magelang," kata Legowo kepada wartawan di Alun-Alun Kota Magelang.

Para Taruna ini, katanya, menyampaikan ucapan terima kasih karena selama 4 tahun sudah bergabung dengan masyarakat Magelang. Kemudian juga permintaan maaf jika selama 4 tahun berada di Magelang ada hal-hal yang tidak berkenan.

"Mohon maaf apabila ada hal-hal yang mungkin selama ada di Kota Magelang ini ada yang tidak berkenan. Kemudian yang terakhir mohon doa restu sehingga mereka-mereka menjadi perwira nanti bisa lancar, sukses sampai nanti akhir masa jabatannya termasuk seperti saya dulu juga seperti itu," urainya.

Simak di halaman selanjutnya..



Simak Video "Bejat! Tukang Kredit Perkosa Gadis Disabilitas Berkali-kali hingga Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]