Menguak Isi Perbincangan Jokowi dan Zelensky di Istana Ukraina

Internasional

Menguak Isi Perbincangan Jokowi dan Zelensky di Istana Ukraina

Tim detikNews - detikJateng
Kamis, 30 Jun 2022 09:50 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi Ukraina usai hadiri KTT G7 di Jerman. Dalam kunjungan itu, Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana membawa misi perdamaian.
Jokowi di Ukraina, Bertemu Zelensky-Lihat Dampak Perang. (Foto: dok detikcom)
Solo -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bertemu dengan Presiden Ukraina Voldymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. Dalam pertemuan empat mata itu, apa saja yang dibahas?

Dikutip dari detikNews, Kamis (30/6/2022), sebelum bertemu dengan Zelensky, Jokowi sempat kompleks Apartemen Lipky yang kini sudah jadi puing-puing. Jokowi merupakan kepala negara pertama dari Asia yang mengunjungi Ukraina setelah invasi. Rombongan Jokowi baru bertolak ke Istana Maryinsky.

Ada empat hal yang dibicarakan dalam pertamuan tatap muka Jokowi dan Zelensky. Keduanya berbincang dalam ruangan dengan meja bundar di antara mereka.


"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelensky selepas pertemuan seperti dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022).

Jokowi juga menawarkan diri untuk membawa pesan Zelensky ke Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi juga menekankan posisi RI tentang pentingnya menghormati kedaulatan dan integritas wilayah. Meski masih sulit dicapai, Jokowi tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," imbuhnya.

Selanjutnya, Jokowi bicara soal dampak perang bagi kemanusiaan. Rakyat dan pemerintah Indonesia, kata Jokowi kepada Zelensky, akan berusaha dengan kemampuan yang ada untuk membantu termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit dan sekitar Kyiv.

Jokowi menekankan Ukraina memiliki posisi penting bagi rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," pungkasnya.



Simak Video "Masuk Musim Dingin, Warga Kherson Tak Punya Makan dan Pemanas"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)