Izin Usaha 12 Outlet Holywings di Jakarta Dicabut

Izin Usaha 12 Outlet Holywings di Jakarta Dicabut

Tim detikNews - detikJateng
Senin, 27 Jun 2022 19:34 WIB
GP Ansor DKI mulai bergerak ke sejumlah outlet Holywings di Jakarta malam ini. Konvoi dilakukan imbas promosi minuman dengan nama Muhammad dan Maria.
Massa menggeruduk Holywings buntut pembuatan promosi yang dituding melecehkan.Foto: Rifkianto Nugroho
Solo -

Pemprov DKI Jakarta mencabut izin usaha belasan outlet Holywings. Penutupan seluruh outlet itu dilakukan lantaran ditemukan sejumlah pelanggaran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, mengatakan pihaknya telah menemukan sejumlah pelanggaran di semua outlet Holywings di Jakarta. Hal itu menjadi dasar bagi pihaknya untuk mencabut izin 12 outlet Holywings.

"Pertama, hasil penelitian dan pemeriksaan dokumen perizinan Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) serta pemantauan lapangan, beberapa outlet Holywings Group yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta terbukti ditemukan beberapa outlet Holywings belum memiliki sertifikat standar KBLI 56301 jenis usaha bar yang telah terverifikasi," papar Andhika seperti dikutip dari detikNews, Senin (27/6/2022).


Adapun sertifikat Klasifikasi Baku Lingkungan Indonesia (KBLI) ini harus dimiliki oleh operasional usaha bar, yakni tempat yang menghidangkan minuman beralkohol dan non-alkohol.

Selain itu, Holywings ternyata hanya memiliki Surat Keterangan Pengecer (SKP) Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 47221 untuk pengecer minuman beralkohol. Berdasarkan klasifikasi tersebut, tempat usaha itu seharusnya hanya bisa menjual minuman beralkohol untuk dibawa pulang.

Adapun hasil temuan pengawasan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Provinsi DKI Jakarta menemukan jika Holywings ternyata menjual minuman beralkkohol untuk dikonsumsi di tempat.

"Secara legalitas seharusnya memiliki Surat Keterangan Penjual Langsung (SKPL) golongan B dan C dengan PB- UMKU KBLI 56301," terang Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo.

Menurutnya, 7 dari 12 outlet yang ada di Jakarta hanya memiliki KBLI 47221. Sementara 5 outlet Holywings lainnya bahkan tidak memiliki surat tersebut.

Adapun 12 outlet Holywings di DKI Jakarta yang dicabut izinnya adalah:

  1. Holywings yang berada di Kelurahan Tanjung Duren Utara,
  2. Holywings Kalideres,
  3. Holywings di Kelapa Gading Barat,
  4. Tiger
  5. Dragon
  6. Holywings PIK
  7. Holywings Reserve Senayan
  8. Holywings Epicentrum
  9. Holywings Mega Kuningan
  10. Garison
  11. Holywings Gunawarman, dan
  12. Vandetta Gatsu.


Simak Video "Penutupan Holywings Jakarta Merembet ke Mana-mana"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ams)