800 Emak-emak di Yogyakarta Dukung Ganjar Nyapres di 2024

Inkana Putri - detikJateng
Sabtu, 18 Jun 2022 21:05 WIB
Sahabat Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat dukungan dari ratusan emak-emak yang tergabung dalam 'Mak Ganjar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)' untuk maju di Pilpres 2024. Deklarasi dukungan tersebut digelar di Lapangan Janti, Caturtunggal, Depok, Kota Sleman, Yogyakarta.

Adapun deklarasi ini diramaikan oleh 800 emak-emak dari 4 kabupaten dan 1 kota di wilayah Provinsi DIY. Dalam acara ini, digelar pula senam bersama serta penampilan Angklung Dolanan Pring oleh anak-anak asli Puduguhan Janti.

"Emak-emak ini ada yang dari Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta. Alhamdulillah mereka memang sangat mencintai Pak Ganjar, jadi tanpa embel-embel apapun mereka sudah guyub untuk datang," ucap Koordinator Wilayah Mak Ganjar DIY, Rindi Astika Yulianti dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/6/2022).


Rindi mengatakan bagi mereka, Mantan Anggota DPR RI itu merupakan sosok pemimpin yang sangat memperhatikan kebutuhan dan mendukung perekonomian emak-emak melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Pak Ganjar banyak sekali mencetuskan program-program yang berpihak pada emak-emak. Seperti 'Lapak Ganjar' untuk mempromosikan UMKM khususnya di Provinsi Jateng sendiri dan itu melibatkan UMKM kaum emak-emak. Ada 'Kredit Lapak', dan 'Kredit Murah' juga itu dikhususkan untuk emak-emak," jelasnya.

Rindi pun menambahkan Ganjar yang dulunya pernah menempuh pendidikan di Yogyakarta menciptakan ikatan emosional dengan warga setempat. Ia menyebut hal inilah yang membuat Mak Ganjar akan terus mengawal Ganjar agar dapat maju sebagai Presiden di 2024-2029.

"Pak Ganjar itu sendiri punya ikatan emosional dengan Jogja, beliau dulu sekolah di Jogja, kuliah di Jogja termasuk besar di Jogja seperti itu jadi punya ikatan emosional juga dengan masyarakat Jogja khususnya emak-emak Jogja. Kita berharap Pak Ganjar ini sukses menjadi presiden demi Indonesia sejahtera," ungkap Rindi.

Di sisi lain, salah satu anggota Mak Ganjar, Yuliana mengapresiasi gerakan Mak Ganjar DIY dalam merangkul kalangan emak-emak untuk mendukung Ganjar. Ia menilai sosok pemimpin yang dapat merakyat seperti Ganjar jarang ditemui.

"Pejabat yang dulu-dulu jarang bermasyarakat, bantu orang-orang seperti saya masyarakat tidak mampu, dan mau belajar 'Sinau Urip'. Kepingin sekali bertemu Pak Ganjar, karena beliau itu jujur gitu loh, tulus, mungkin karena kehidupannya dulu dia bisa menjadi contoh bagi kami," pungkas Yuliana.



Simak Video "Elektabilitas Tinggi Versi Survei, Ganjar: Tugas Saya Jadi Gubernur"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)