Pemkab Kendal Gelar Lomba Burung Macaw Tingkat Nasional

Pemkab Kendal Gelar Lomba Burung Macaw Tingkat Nasional

Saktyo Dimas R - detikJateng
Sabtu, 18 Jun 2022 17:01 WIB
Lomba burung Macaw.
Foto: dok. Dimas Saktyo R/detikJateng
Kabupaten Kendal -

Ratusan para pencinta Burung Macaw saling beradu di gelaran ajang Kontes Burung Macaw Bupati Cup 2022 di Kabupaten Kendal. Gelaran tingkat nasional ini diikuti 200 peserta dari seluruh Tanah Air yang diselenggarakan di Stadion Utama Kebondalem Kendal Sabtu-Minggu.

"Perlombaan Burung Macaw ini tingkat Nasional yang diikuti 200 peserta dari seluruh Indonesia. Ada dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat dan beberapa daerah lain, hingga luar pulau Jawa, mereka ini solid. Ketika ada kontes, mereka semua hadir dan antusias mengikuti," kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto usai membuka Lomba Burung Macaw Bupati Cup, Sabtu (18/6/2022).

Acara dibuka langsung oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, yang dilanjutkan dengan kontes eksibisi antara Burung Macaw milik Bupati dengan tiga perwakilan kontestan. Kontes eksebisi yang diikuti ini Bupati Kendal ini memperlombakan kelas Solo dengan spesifikasi tiap peserta membawa satu burung Macaw.


Bupati Kendal memenangkan perlombaan eksebisi tersebut karena burung Macaw yang dimilikinya bisa kembali ke pemiliknya. Sementara tiga burung Macaw lainnya tidak kembali ke pemiliknya.

"Saya tadi sempat was-was juga dengan tiga kontestan lainnya karena tiga kontestan lainnya itu juara semua. Burung Macaw punya saya memang tidak terbang terlalu lama dan pulang lebih cepat tapi burung milik tiga kontestan lainnya malah tidak mau balik lagi ke ownernya. Ini yang membuat saya jadi pemenang," jelas Dico.

Dico menerangkan kegiatan ini dalam rangka kampanye dan pengumpulan donasi untuk pencegahan stunting di Kabupaten Kendal.

"Di ajang ini, kita juga mengumpulkan donasi untuk penanganan stunting di Kendal. Selain itu, kita mengedukasi kepada masyarakat, tentang upaya dan cara yang harus dilakukan, dalam rangka pencegahan stunting di Kabupaten Kendal kepada masyarakat," terangnya.

Lebih lanjut ia berharap digelarnya kontes brung ini, bisa memperkenalkan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Kendal kepada masyarakat luas sesuai dengan visi dan misi yakni menggali dan mengembangkan potensi wisata Kendal.

"Kami berharap kontes burung Macaw ini bisa jadi titik awal untuk kita memperkenalkan kabupaten Kendal mulai dari potensi wisatanya dan UMKMnya kepada masyarakat luas seperti visi dan misi kami," harapnya.

Baca Selengkapnya



Simak Video "Kemeriahan Malam Imlek di Pasar Gede Solo"
[Gambas:Video 20detik]