Proyek Rel Layang Simpang Joglo Solo, Ada Pengalihan Arus Mulai Besok

Ari Purnomo - detikJateng
Senin, 06 Jun 2022 12:19 WIB
Kondisi Simpang Joglo, Kota Solo. Foto diambil Senin (6//6/2022).
Kondisi Simpang Joglo, Kota Solo. Foto diambil Senin (6//6/2022). Foto: Ari Purnomo/detikJateng
Solo -

Proyek elevated rel (rel layang) di simpang Joglo, Kota Solo akan memasuki tahapan relokasi saluran air yang akan dimulai Selasa (7/6/2022). Rencananya pengerjaan tahapan itu akan berlangsung hingga lebih dari sepekan.

Selama pengerjaan berlangsung akan dilakukan penutupan persimpangan baik simpang sisi selatan maupun utara.

"Simpang Joglo akan ada pekerjaan relokasi saluran yang dimulai besok sampai 15 Juni. Besok akan terjadi penyempitan sisi tengah simpang Joglo," terang Side Manager PT Wik-BKU-SKO Dendy Purbowo saat ditemui detikJateng di kantornya, Senin (6/6/2022).


Saat relokasi saluran, kata Dendy akan dilakukan penutupan perlintasan simpang Joglo di sisi utara (arah Grobogan) dan selatan (arah Nusukan) yang akan dilakukan secara bergantian.

"Untuk tanggal 12-13 Juni akan dilakukan penutupan perlintasan di sisi utara. Untuk rekayasa lalu lintas kendaraan dari arah barat akan dialihkan menuju jalan A. Yani," terang Dendy.

Sedangkan, lanjutnya, untuk kendaraan berat dialihkan melalui jalan tol untuk menghindari terjadinya kemacetan. Kendaraan dari arah timur (Jalan Sumpah Pemuda) dan utara (Jalan Solo-Purwodadi) masih bisa melintas.

"Kemudian tanggal 14-15 Juni akan dilakukan penutupan perlintasan di sisi selatan untuk pekerjaan yang sama yakni relokasi saluran," paparnya.

Untuk rekayasa lalu lintasnya, kendaraan dari timur (jalan Sumpah Pemuda) maupun utara (jalan Solo-Purwodadi) akan dialihkan melalui jalan Kol Sugiyono.

"Untuk kendaraan berat tetap dialihkan melalui jalan tol. Sedangkan untuk kendaraan dari barat, maupun selatan (pasar Nusukan) masih bisa melintas," urainya.

Kemudian mulai tanggal 15 Juni sampai 8 Juli akan ada pekerjaan detour track KA. Untuk pekerjaan ini akan dilakukan rekayasa yang sama dengan saat relokasi saluran.

Yakni mulai tanggal 5-6 dilakukan penutupan perlintasan di sisi utara. Dan tanggal 7-8 Juli dilakukan penutupan perlintasan di sisi selatan.

"Untuk pekerjaan kita lakukan mulai pukul 21.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB, bagi masyarakat yang hendak melintas di kisaran jam itu sebaiknya menghindari simpang Joglo agar tidak terkena macet," paparnya.



Simak Video "Wakapolri Klaim One Way Efektif Urai Volume Kendaraan Masuk ke DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)