Kisah Celyn, Bocah Sragen Segudang Prestasi dengan 700 Piala

Ari Purnomo - detikJateng
Minggu, 22 Mei 2022 10:28 WIB
Celyn dengan salah satu pialanya, Sragen, Jumat (20/5/2022).
Celyn dengan salah satu pialanya, Sragen, Jumat (20/5/2022). Foto: Ari Purnomo/detikJateng
Sragen -

Sekilas Celyn tidak ada bedanya dengan anak seumurannya. Namun bocah yang bernama lengkap Elvaretta Cicelyana Yocelyn mempunyai segudang prestasi. Terutama di bidang kesenian, seperti bernyanyi dan seni lukis.

Bocah perempuan yang kini berusia 11 tahun itu bahkan memiliki prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kemahirannya melukis dan mewarnai, membuat bocah kelas 5 SD Plumbungan 5 Sragen itu sering menyabet juara dalam setiap perlombaan.

Saking seringnya mendapat juara, sampai saat ini jumlah piala yang dikoleksinya di rumahnya di Perumahan Margosari, Desa Puro, Karangmalang, Sragen sudah lebih dari 700 buah.

Joko Sunoto, ayah Celyn mengungkapkan, bakat sang anak memang sudah terlihat sejak kecil.

"Sejak usia 5 tahun, Celyn minta dibelikan krayon untuk mewarnai. Setelah saya belikan, saya melihatnya cukup bagus. Cara mewarnai itu sudah bagus, tidak keluar dari garis gambar," terang Joko saat ditemui detikJateng di sekolah Celyn, Jumat (20/5/2022).

Tidak hanya cara mewarnai, lanjutnya, tetapi cara Celyn membuat gradasi warna di gambar juga sudah bagus.

"Gradasi warnanya juga sudah bagus, mulai saat itu bakatnya terus saya asah. Dan semakin suka menggambar dan mewarnai," urai Joko yang juga guru kelas Celyn di SD Plumbungan 5.

Dengan kemampuan menggambar maupun mewarnai, Joko menyampaikan, Celyn mulai ikut lomba. Baik lomba menggambar maupun mewarnai, Celyn pun berhasil meraih juara.

"Sudah sangat sering ikut lomba, setiap Sabtu-Minggu itu selalu ikut lomba. Sehari itu bisa tiga kali ikut lomba," papar Joko.

Celyn dengan ratusan pialanya, Sragen.Celyn dengan ratusan pialanya, Sragen. Foto: dok. keluarga Celyn

Karena sudah langganan menjadi juara, trofi yang berhasil dikoleksi Celyn pun sudah tidak terhitung lagi. Joko mengatakan, piala yang didapatkan Celyn sampai sekarang ada lebih dari 700.

"Pialanya banyak, 700-an sudah lebih. Ada yang di rumah ada juga yang ditaruh di sekolah," katanya.

Selain piala, uang pembinaan atau hadiah yang berhasil didapatkan Celyn juga sudah begitu besar. Yakni mencapai lebih dari Rp 60 juta.

"Uangnya di tabungan, mau buat beli mobil," ucap Joko.

Keahlian Celyn menggambar dan mewarnai menjadikannya 'guru menggambar' di sekolah.

"Pas ada pelajaran menggambar Celyn diminta menggambar di papan tulis, kemudian siswa kelas satu menirunya," ucapnya.

Hanya saja, semenjak pandemi COVID-19, Celyn sudah mulai jarang mengikuti lomba. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan membuat gelaran lomba juga terhenti.

Sementara itu, Celyn mengaku menyukai seni lukis sejak kecil. Yang pertama kali digambarnya adalah wajah.

"Pertama kali gambar itu muka, memang sudah suka menggambar. Kemudian diajari ayah," tutur Celyn.

Kepala SD Plumbungan 5 Sragen, Sri Ningsih Sabarti mengungkapkan, Celyn merupakan anak yang berprestasi. Tidak hanya di bidang akademik, tetapi non-akademik juga cukup bagus.

"Dia itu kreatif, pendiam, pintar, multi talenta. Segala macam apa yang diberikan guru, selalu sukses, lancar, dan selalu membanggakan. Prestasinya juga bagus, di kelas," kata Sri.



Simak Video "Mampir ke Rest Area Ngawi yang Bangunannya Mirip di Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)