Round-Up

Misteri Hilangnya Balita Pemalang Usai Disuapi

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 18 Mei 2022 06:35 WIB
Balita hilang di Pemalang, Selasa (17/5/2022).  Balita tersebut bernama  Arkhana Faeza Riskiawan (1,5) warga Desa Ambowetan perbatasan Desa Rowosari, Kecamatan Ulujami, Pemalang.
Balita hilang di Pemalang, Selasa (17/5/2022). Balita tersebut bernama Arkhana Faeza Riskiawan (1,5) warga Desa Ambowetan perbatasan Desa Rowosari, Kecamatan Ulujami, Pemalang. Foto: Robby Bernardi/detikJateng
Solo -

Balita berumur 1,5 tahun di Desa Ambowetan, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Arkhana Faeza Riskiawan, hilang misterius dari rumahnya usai disuapi ibunya, Senin (16/5) sekitar pukul 15.55 WIB. Hingga kini, balita yang baru bisa berjalan itu belum ditemukan.

Kades Ambowetan, Agus Kusyanto, mengatakan balita itu semula disuapi ibunya, Dwi Jamilah (27) di ruang tamu. Kemudian, sang ibu masuk ke dalam rumah untuk mengambil air minum.

"Nggak ada lima menit anaknya sudah tidak ada di ruang tamu. Sudah dicari di teras, di depan rumah, tidak ada," kata Agus saat ditemui detikJateng, Selasa (17/5/2022).

Pencarian balita itu melibatkan warga sekitar, relawan SAR, polisi, TNI, BPBD sejak Senin sore hingga Selasa dini hari. Proses pencarian itu termasuk menutup saluran irigasi tersier di depan rumah balita itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk jika balita itu tercebur.

Warga dan relawan melakukan susur saluran irigasi untuk mencari balita yang hilang di Pemalang, Selasa (17/5/2022).Warga dan relawan melakukan susur saluran irigasi untuk mencari balita yang hilang di Pemalang, Selasa (17/5/2022). Foto: Robby Bernardi/detikJateng

"Hari ini kita melibatkan semua unsur melakukan susur sungai kecil depan titik awal rumah korban yang dinyatakan hilang, sejauh 1 kilometer ke arah timur," kata Kepala Pelaksana BPBD Pemalang, Sugiyanto.

Pencarian dengan cara tong rong prek juga dilakukan warga. "Itu tradisi turun-temurun. Orang tua kita dulu kalau ada anak yang hilang dicarinya seperti itu," kata tetangga korban, Rohadi, Selasa (17/5/2022).

Tong rong prek dilakukan warga pada Senin (16/5) malam dengan berkeliling kampung membawa bermacam alat dapur serta kentongan. Di sepanjang jalan, mereka memukuli benda yang dibawa itu sambil terus memanggil nama korban.

"Keliling dari rumah sini, sampai keliling desa dan sampai ke areal pemakaman sana. Sampai dini hari," imbuh Rohadi. Namun, pencarian itu juga belum membuahkan hasil.

Balita hilang di Pemalang, Selasa (17/5/2022).  Balita tersebut bernama  Arkhana Faeza Riskiawan (1,5) warga Desa Ambowetan perbatasan Desa Rowosari, Kecamatan Ulujami, Pemalang.Balita hilang di Pemalang, Selasa (17/5/2022). Balita tersebut bernama Arkhana Faeza Riskiawan (1,5) warga Desa Ambowetan perbatasan Desa Rowosari, Kecamatan Ulujami, Pemalang. Foto: Robby Bernardi/detikJateng

Kapolsek Ulujami AKP Teguh Santoso mangaku telah menerima laporan hilangnya balita itu. "Kita menerima laporan dan langsung kita tindak lanjuti, termasuk melibatkan SAR untuk pencarian. Belum diketahui penyebab hilangnya balita itu," kata Teguh.

Bermacam cara terus dilakukan untuk mencari korban. Sementara itu, tim pencari bersama keluarga dan Muspika Ulujami telah melakukan musyawarah. Mereka bersepakat untuk menyatakan korban sebagai orang hilang dan akan menyerahkan pencariannya ke polisi.

"Itu keputusan bersama, pihak keluarga juga menerima hal itu. Namun, kita tetap melakukan pemantauan di sejumlah titik. Untuk laporan (ke polisi) sudah kita lakukan," kata Kades Ambowetan, Agus.



Simak Video "Ditinggal Ayah, Bocah Kakak-Adik Ditemukan Telantar di Polman"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)