wara-wara

Layanan SIM di Polres Klaten Kembali Buka Hari Ini

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Rabu, 04 Mei 2022 08:46 WIB
Ilustrasi SIM A dan C
Ilustrasi SIM. Foto: Rachman Haryanto
Klaten -

Pelayanan SIM di Polres Klaten kembali buka hari ini, Rabu (4/5/2022). Pelayanan dibuka kembali setelah libur selama dua hari, 2-3 Mei 2022.

"Ya libur hanya 2-3 Mei. Karena kita diberi kelonggaran oleh Korlantas dan Polda untuk buka setelah itu," papar Kasat Lantas Polres Klaten AKP Muhammad Fadhlan kepada detikJateng, Rabu (4/5/2022).

Fadhlan menjelaskan, jika mengacu pada surat telegram Kapolri, pelayanan SIM, BPKB dan STNK libur 29 April-9 Mei 2022. Namun setelah telegram itu turun, Polda Jateng mendata jadwal pelayanan di semua polres di wilayahnya.

"Setelah telegram turun, kita diabsen polda, polres yang berkenan buka pelayanan SIM dan yang banknya sanggup diizinkan buka. Karena banyak masyarakat yang pulang kampung mungkin memanfaatkan liburan lebaran untuk pelayanan SIM," terang Fadhlan.

Setelah dikoordinasikan, sambung Fadhlan, ternyata bank di Klaten siap buka mulai tanggal 4 Mei. Dengan harapan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan, akhirnya pihaknya memutuskan untuk membuka layanan.

"Saat kerja mungkin masyarakat tidak bisa mengurus SIM, baru saat libur lebaran bisa memanfaatkan momen itu. Alhamdulillah, personel kita siap dan bank juga bisa," terang Fadhlan.

Hanya saja, sambung Fadhlan, untuk pembayaran ke bank tidak bisa di loket kas yang berada di polres seperti hari biasa. Sebab, loket kas polres masih tutup. Sebagai pengganti, masyarakat bisa melakukan pembayaran biaya SIM dilakukan dengan internet banking atau BRIlink.

Untuk jam buka, ucap Fadhlan, sama dengan pelayanan biasa. Hanya saja jumlah petugas dikurangi untuk tugas lainnya di lapangan.

"Petugas kita kurangi tapi cukup. Sedangkan untuk pelayanan BPKB dan STNK belum bisa dibuka lagi tanggal 4 Mei, sehingga hanya layanan SIM saja," imbuh Fadhlan.

Ditambahkan Fadhlan, dengan dibuka lebih awal diharapkan memanfaatkan sebaik mungkin. Pelayanan mulai tanggal 4 Mei itu juga untuk mengantisipasi lonjakan usai libur lebaran.

"Kita antisipasi lonjakan, jangan-jangan jika diliburkan seminggu setelah lebaran malah terjadi lonjakan. Meskipun pelayanan buka, tetapi prokes tetap diterapkan," pungkas Fadhlan.

Diberitakan sebelumnya, pelayanan SIM dan Samsat Klaten tutup selama masa libur lebaran 2022. Layanan akan kembali dibuka pada 9 Mei.

"Ada surat telegram Kapolri nomor ST/ 785/ IV/ YAN. 1.1/2022 tanggal 19 April tentang layanan SIM masa libur lebaran dan ditindaklanjuti surat telegram Kapolda. Maka layanan berubah," kata Kasat Lantas Polres Klaten AKP Muhammad Fadhlan, Kamis (28/4).



Simak Video "Catat! SIM Mati Saat Libur Lebaran Bisa Diperpanjang"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)