Diduga Keracunan, Puluhan Warga Solo Dilarikan ke Rumah Sakit

Ari Purnomo - detikJateng
Minggu, 01 Mei 2022 23:26 WIB
Evakuasi korban keracunan massal di Solo, Minggu malam (1/5/2022).
Evakuasi korban keracunan massal di Solo, Minggu malam (1/5/2022). Foto: Ari Purnomo/ detikJateng
Solo -

Puluhan warga Pucangsawit, Jebres, Kota Solo, harus dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami keracunan makanan, Minggu (1/5). Diduga mereka keracunan makanan dalam acara buka puasa bersama yang digelar sehari sebelumnya.

Kapolsek Jebres Kompol Suharmono menyampaikan, ada total 49 yang mengalami gejala keracunan.

"Kemarin Sabtu (30/1) ada buka puasa bersama di Masjid di Pucangsawit RT 1 RW 5, ada 100 orang yang ikut," terang Suharmono saat dihubungi detikJateng, Minggu (1/5/2022).


Kemudian, lanjut Kapolsek, pada hari ini ada 49 warga yang mengeluh pusing dan mual.

"Mereka mengeluh pusing dan mual, lantas dibawa ke klinik sebanyak 48 orang, sedangkan satu orang dirujuk ke rumah sakit," urainya.

Setelah mendapatkan penanganan, sore hari tadi warga diperbolehkan kembali ke rumahnya masing-masing. Mengingat, kondisinya sudah mulai membaik dan berangsur normal.

"Tetapi sore hari ini tadi warga kembali merasakan gejala keracunan, sehingga harus di evakuasi ke sejumlah rumah sakit," paparnya.

"Ada yang dibawa ke dr Moewardi, Hermina, dr Oen dan ke rumah sakit lainnya. Ini baru 20 yang dievakuasi, dan sekarang masih terus berjalan," imbuhnya.

Terkait adanya seorang warga yang dikabarkan meninggal dunia karena keracunan, Suharmono, mengaku belum bisa memastikannya.

"Kalau itu (warga meninggal) saya belum bisa kasih penjelasan, karena tadi tidak ikut dievakuasi," tandasnya.



Simak Video "Puluhan Siswa MI Bulurejo Magelang Keracunan"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)