Sandiaga-Gibran Cek Posko Adem Enesis Group di Terminal Tirtonadi Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Minggu, 01 Mei 2022 17:29 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Terminal Tirtonadi Solo, Jumat (29/4/2022).
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Terminal Tirtonadi Solo, Jumat (29/4/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Solo -

Enesis Group menyediakan posko mudik di beberapa titik di Pulau Jawa yang diberi nama Posko Mudik Rileks Sehat Adem. Salah satu titik keberadaan posko mudik Enesis ini berada di Kota Solo.

Chief Sales & Marketing Officer Enesis Group Ryan Tirta Yudhistira mengatakan posko mudik ini adalah program lanjutan dari posko Nataru tahun lalu yang sekaligus menjadi bentuk CSR perusahaan bersama pemerintah.

"Posko Mudik lebaran kali ini menyediakan layanan dan fasilitas kebutuhan prokes (protokol kesehatan) bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan sehingga pemudik aman dan nyaman, serta sehat saat tiba di tempat tujuan," ujar Ryan dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (1/5/2022).


Posko mudik tersebut baru-baru ini juga dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang mengecek Posko Adem di Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo. Ditemani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Sandi juga sempat berkeliling mengecek persiapan di terminal tersebut pada Jumat (29/4) lalu.

Sandi pun mengapresiasi Terminal Tirtonadi yang menghadirkan hiburan untuk pemudik. Tak hanya itu, dia juga mengapresiasi keberadaan pusat kuliner, gedung olahraga dan gedung pertemuan di atap Terminal Tirtonadi.

"Terima kasih juga tadi ada hiburan band Endank Soekamti, seru banget tadi. Terminal Tirtonadi memiliki tagline bukan terminal biasa, jadi ini terminal yang menawarkan konsep ruang publik ramah lingkungan dan tempat yang multifungsi," kata Sandi.

Selain melihat hiburan musik, Sandi juga menengok tempat vaksinasi dan tempat untuk tes swab antigen di salah satu ruang terminal. Dia pun ingin memastikan seluruh penumpang yang masuk ke terminal mematuhi prokes.

"Kita harus pastikan para pemudik ini mematuhi protokol kesehatan untuk mudik secara aman dan nyaman. Saya lihat sudah bagus," ujarnya.

Sandi juga sempat mencoba fasilitas PeduliLindungi saat masuk terminal. Hal ini memudahkan petugas untuk mengecek status pemudik.

"Saya sempat mencoba fasilitas QR Code check in, harapannya titik ini dan 15 titik lainnya memberikan kemudahan bagi para pemudik," katanya.

Lebih lanjut, Sandi berharap momen mudik ini dapat meningkatkan perekonomian terutama melalui pariwisata. Diharapkan pula lapangan kerja semakin terbuka seiring pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat.

Untuk diketahui, Posko Adem merupakan inisiasi dari Enesis Group dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang mudik ke kampung halaman. Diketahui, Posko Adem tersedia di beberapa titik di Pulau Jawa hingga 8 Mei 2022.

Di sini tersedia sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati masyarakat, mulai dari pijat relaksasi gratis bersama Plossa dan mendapatkan semprot Kispray gratis. Selain itu, terdapat pula produk andalan Enesis yang diberikan dalam bentuk travel kit praktis bagi pemudik.



Simak Video "Aksi Gibran Rakabuming Naik Kuda di Solo Batik Carnival"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/aku)