ABK Mudik Lebaran, Sungai Silugonggo Juwana Dipadati Kapal Nelayan

Dian Utoro Aji - detikJateng
Senin, 25 Apr 2022 14:36 WIB
Kawasan sungai ini terlihat dipadati kapal sandar pada Senin (25/4/2022). Hal ini menjadi kesempatan para nelayan maupun ABK mudik Lebaran maupun melakukan perbaikan kapal.
Penampakan kapal sandar di Sungai Silugonggo Juwana Pati (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Pati -

Ratusan kapal nelayan mulai memadati kawasan pelabuhan Juwana tepatnya Sungai Silugonggo Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Anak buah kapal (ABK) pun diminta mengantisipasi terjadi kebakaran terjadi.

Pantauan di lokasi, Senin (25/4) pukul 11.30 WIB ratusan kapal bersandar di sepanjang Sungai Silugonggo Juwana. Tampak ada nelayan yang sedang menurunkan ikan.

Namun juga ada beberapa kapal yang baru bersandar di pelabuhan Juwana yang berada di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana. ABK juga tampak ada yang memperbaiki kapal.


Sekjen Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Pati, Suratman mengatakan ratusan kapal nelayan mulai bersandar di Sungai Silugonggo Juwana. Kapal tersebut terdiri dari ukuran 30 Gross Tonnage (GT) ke atas.

"Untuk menjelang Lebaran sekitar kurang sepekan kondisi alur Sungai Juwana padat sekali. Karena kapal pulang, jumlahnya sekitar 600 kapal nelayan, mulai dari 30 Gross Tonnage (GT) ke atas," ujar Suratman kepada detikJateng saat dihubungi lewat telepon, Senin (25/4/2022).

Suratman mengatakan kedatangan kapal ini terjadi setiap tahunnya. Sebab para ABK akan menikmati hari raya Idul Fitri di kampung halaman. Selain itu, para ABK juga memperbaiki kapal setelah sebelumnya berbulan-bulan digunakan untuk mencari ikan.

"Jadi setelah melaut ada di laut Papua, Natura dan Kalimantan memang sudah tradisi semua kapal pulang ke rumah. Di samping Lebaran dengan keluarga juga ada perbaikan di kapal," jelas dia.

Kawasan sungai ini terlihat dipadati kapal sandar pada Senin (25/4/2022). Hal ini menjadi kesempatan para nelayan maupun ABK mudik Lebaran maupun melakukan perbaikan kapal.Kawasan sungai ini terlihat dipadati kapal sandar pada Senin (25/4/2022). Hal ini menjadi kesempatan para nelayan maupun ABK mudik Lebaran maupun melakukan perbaikan kapal. Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

TPI Unit 1 Juwana Antisipasi Kebakaran Kapal

Suratman yang juga Kaur Teknik Lelang TPI Unit 1 Juwana mengatakan pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi kebakaran kapal. Sebab beberapa tahun terjadi kebakaran kapal karena insiden perbaikan kapal saat Lebaran.

"Kita di sini wilayah Maritim Juwana terbentuk tim terpadu yang terdiri dari beberapa sektor Satpol Air, ada dinas perikanan ada dari provinsi dan beberapa instansi," jelas Suratman.

"Sebelum lelang di TPI kita atur sesuai urutan jalur ke TPI kita tahan di sebelah utara tambat utara, antisipasi kebakaran kita dari tim terpadu memiliki enam unit pemadam baik pemadam dalam bentuk pompa kita punya lima dan pemadam dalam bentuk kapal pemadam itu satu, dari damkar kita stanby di Kecamatan Juwana," pungkas dia.



Simak Video "Mudik Tahun Ini Sukses, Angka Kecelakaan Turun Drastis"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ahr)