Snapshots: Penampakan Truk Terjebak Banjir Lahar Hujan Merapi

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Rabu, 20 Apr 2022 03:24 WIB
Klaten -

Banjir lahar hujan Gunung Merapi membuat dua unit truk terjebak di sungai Woro, Klaten, kemarin. Kondisi kedua truk itu rusak cukup parah.

"Truk warna kuning nopol AD 1594 HJ rusak pada kaca depan dan bak truk kerugian kurang lebih Rp 40 juta. Truk dam warna hijau nopol AD 1510, rusak pada kaca, bak truk dan kerugian kurang lebih Rp 40 juta," kata Kapolsek Kemalang AKP Suharto kepada detikJateng, Selasa (19/4/2022).

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (19/4) pukul 11.30 WIB. Dua unit truk itu terjebak banjir dan terendam lahar hujan, pasir, dan batu.


Pemilik kedua unit truk itu diketahui bernama Darsono (43) warga Karang Tengah, Kemalang, dan Budi Purnomo (28) warga Somokaton, Karangnongko. Sebelum kejadian kawasan puncak Gunung Merapi diketahui hujan mulai pukul 09.23 WIB dengan total curah hujan 27 mm.

Proses evakuasi truk dilakukan oleh warga dan relawan secara bergotong royong dengan menggunakan ekskavator. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena sopir dapat melarikan diri ke pinggir sungai.

Tak hanya di aliran Sungai Woro, banjir lahar hujan juga dilaporkan terjadi di Kali Gendol, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akibatnya satu unit truk terjebak.

Simak foto-fotonya di atas ya.

(ams/ams)